Meriahkan HSN 2019, Parepare Bakal Putar Film Sang Kyai

Pecihitam.org, PAREPARE – Menjelang perayaan Hari Santri Nasional (HAN) 2019 berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak panitia pelaksana di Kota Parepare.

Ketua Panitia Pelaksana, Minhajuddin Ahmad mengatakan bahwa, acara puncak hari santri rencananya akan digelar pada tanggal 22 Oktober mendatang.

Peringatan hari santri tersebut akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya apel kebangsaan, kirab santri, malam dzikir, dialog santri, dan nonton bareng film Sang Kyai.

“Berbagai pesiapan telah kami kalukan, untuk memeriahkan Hari Santri nanti,” ujarnya kepada Jumat (11/10/2019). Dikutip TribunParepare.

Mereka menggelar dialog santri, dan nonton film Sang kyai, kita juga akan ulas terkait perkembangan santri di Parepare,” papar Minhajuddin.

Baca Juga:  Ketum PBNU: Banjir karena Kecerobohan, Bukan Hanya Kehendak Tuhan

“Peringatan hari santri Parepare ini, akan berbeda dari sebelumnya,” kata Minhajuddin.

“Kita juga akan menampilkan ciri khas santri dengan melakukan kirab santri mengenakan sarung dan kopiah,” lontarnya.

“Jadi nanti, kirab dan upacaranya kita seragamkan menggunakan sarung,” tandasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa peringatan hari santri ini, telah ditetapkan sebagai hari besar nasional (HBN).

Di Parepare peringatan hari santri ini akan menjadi kali kedua diselenggarakannya.

“Tujuannya yaitu, untuk mewarnai pembangunan dan pengembangan Kota Parepare, yang dikenal sebagai kota santri dan kota ulama,” tutur Minhajuddin.

Sampai saat ini, panitia masih terus bergerak dan segera melakukan audiensi ke beberapa pihak, yakni Wali kota Parepare, Dandim, Kemenag dan Kapolres.
“Rencananya, kami ingin upacaranya dipimpin langsung oleh Wali Kota Parepare, dengan menggunakan sarung sebagai ciri khas santri,” harapnya.

Baca Juga:  96 Pesantren dan Majelis Taklim di Lebak Rusak Berat Karena Banjir Bandang

Sekadar diketahui, pihak panitia menargetkan sepuluh ribu santri bakal turut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan tersebut.

Adapun sumber dananya, yaitu biaya mandiri dari pihak panitia pelaksana.

Adi Riyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.