Tahanan ISIS Jadi Dalang Kekacauan di Penjara Suriah

Pecihitam.org – Kekacauan terjadi di penjara Suriah Bagian Utara. Kekacauan tersebut dikabarkan didalangi oleh para tahanan militan ISIS yang mendekam di penjara itu.

Berdasarkan laporan Reuters, dikutip dari Liputan Islam, Senin, 30 Maret 2020, tahanan ISIS di penjara tersebut telah mengambil alih lantai dasar penjara.

Bahkan, sejumlah milisi ISIS yang mendekam di penjara itu berusaha kabur di tengah kekacauan.

Jubir SDF, Mustafa Bali, mengatakan lewat akun twitternya bahwa saat ini mereka telah menggelar operasi penangkapan terhadap mereka yang telah kabur dari penjara.

“Situasi di dalam penjara menegangkan dan kami telah mengirim pasukan anti-teror dan beberapa pasukan tambahan untuk mengendalikan situasi,” ucap Bali.

Baca Juga:  Soal Revisi Anggaran Kemenag, DPR Minta Menag Fokus dengan Situasi Pandemi

Diketahui, SDF adalah pasukan yang diisi oleh kelompok Kurdi Suriah yang didukung oleh Amerika Serikat.

Sebelumnya, televisi pemerintah Suriah menyebut 12 orang militan dilaporkan telah kabur dari penjara menuju pinggiran kota Hasaka.

Para pemimpin suku Arab setempat menyebut sejumlah pesawat koalisi pimpinan AS terlihat di atas wilayah penjara, usai terjadinya kerusuhan.

Menurut laporan Reuters, sejumlah tahanan di dalam penjara dinyatakan tewas. Masih belum jelas berapa jumlah tahanan di penjara itu.

Namun, Reuters menyebut SDF telah menjebloskan ribuan orang ke penjara itu, kebanyakan adalah anak-anak muda yang tak mau mematuhi ajakan SDF untuk wajib militer.