10 Manfaat Surat Al-Waqiah Yang Harus Kamu Tahu

10 Manfaat Surat Al-Waqiah Yang Harus Kamu Tahu

PeciHitam.org – Manfaat surat Al-Waqiah begitu banyak, perlu diketahui Surat Al-Waqiah tergolong surat makiyyah yang turun setelah surah Thoha dan merupakan surat ke-56 dalam mushaf Al-Quran serta memiliki 96 ayat, surat tersebut berisi tentang gambaran yang terjadi di hari qiyamat, tentang penggolongan manusia di hari kiamat serta balasan yang diperoleh golongan tersebut.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surat Al-Waqiah juga berisi bantahan Allah SWT terhadap orang yang mengingkari keberadaan Tuhan, tentang hari kebangkit serta perihal hisab, dan tidak kalah pentingnya diterangkan bahwa Al-Quran berasal dari Lauhul Mahfudz.

Manfaat surat al-waqiah begitu banyak dan selengkapnya ialah sebagai berikut:

  • Surat Waqiah sebagai pengingat kuasa Allah SWT serta menambah Iman.

Surat Waqiah Sebagai pengingat bahwa Allah SWT yang berkuasa di dunia dan akhirat dengan tidak ada siapapun yang tahu akan kapan terjadinya hari kiamat dengan menghayati surat waqiah beserta maknanya.

  • Surat Waqiah dapat menjadi pelindung dari kefakiran.

Abdullah bin Mas’ud ra, berkata: “saya mendengar Nabi bersabda, ‘barang siapa membaca surah al waqi’ah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya’, Ibnu Masud berkata, ‘aku telah memerintahkan anak perempuanku membacanya setiap malam’.” (HR. Abu Ubaid)

Baca Juga:  3 Hal Penting Dalam Membangun Rumah Tangga Menurut Al-Quran

Berdasarkan hadits di atas maka banyak pendapat bahwa Al-Waqiah dapat memperlancar rizki.

  • Surat Waqiah dibaca Rasulullah SAW ketika subuh.

Jabir bin Samurah ra, berkata: “shalat yang dikerjakan Nabi Muhammad seperti solat yang kalian kerjakan saat ini, namun terkadang Beliau meringankannya, shalat yang Beliau kerjakan lebih ringan dari shalat kalian, dalam shalat subuh kadang Beliau membaca surah al-waqiah dan yang sejenisnya.”

  • Surat Waqiah dapat menghindarkan kita dari sifat lalai

Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa yang membaca surat al-Waqiah maka ia akan dicatat bukan tergolong orang yang lalai.” (HR. Ubay bin Ka’ab)

Al-Waqiah juga berisi keadaan alam akhirat maka sangat utama sekali jika digunakan sebagai pengingat agar tidak lalai selama hidup di dunia.

  • Pengingat akan kematian.

Kematian tidaklah dapat diketahui jadi dengan membaca surat Al-Waqiah maka hati akan terbuka sehingga dapat mengingat kematian dan memperbaiki diri sebelum kematian datang.

  • Al Waqiah membuat rambut Rasulullah SAW beruban.
Baca Juga:  Anda Berdoa, Tapi Tak Kunjung Terkabul? Mungkin Anda Termasuk Golongan Ini

Ibnu Abbas ra, berkata: Abu Bakar Ash-Shiddiq ra, berkata kepada Nabi Muhammad SAW: “wahai Rasulullah engkau telah beruban,” Beliau berkata: “aku beruban karena surah Hud, Al-Waqi’ah, Al-Mursalat, An-Naba’ dan At-takwir.” (HR. Turmudzi dan hadits ini hadits ghorib)

  • Mengetahui sifat penghuni surga.

Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang yang paling dulu masuk surga dan didekatkan kepada-Nya, bahwa mereka adalah sekelompok besar dari orang-orang terdahulu dan sebagian kecil dari orang-orang yang hidup terakhir.

  • Mengetahui keindahan sifat surga.

Terdapat beberapa ayat dalam surat al-Waqiah yang menjelaskan secara tegas tentang sifat-sifat keindahan, Imam Bukhari juga meriwayatkan dari Abu Hurairah yang disampaikan kepada Rasulullah SAW, beliau bersabda yang artinya:

“sesungguhnya di dalam surga terdapat sebatang pohon, (jika) orang yang berkendaraan berjalan dibwahnya selam seratus tahun, ia tetap berada di bawah naungannya dan tidak pernah berhasil menaklukkannya, jika kalian berkehendak, bacalah ‘wa dzillim mamduud’.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Baca Juga:  Ini Diskusi Para Ulama Mengenai Bahasa Non-Arab dalam Al-Qur'an

Serta masih banyak lagi sifat keindahan surga yang diterngkan dalam surat Al-Waqiah.

  • Mengetahui sifat neraka.

Pada surat Al-Waqiah dijelaskan tentang sifat-sifat neraka dengan jelas dan jika membacanya dengan hati yang terbuka maka tanpa terasa tubuh akan bergetar karena takut akan siksa Allah SWT.

  • Pengingat atas kebenaran Al-Qur’an.

Pada surat Al-Waqiah banyak sekali kalimat indah yang membuktikan kebenaran Allah SWT serta yang dapat mengingatkan atas kebenaran Al-Qur’an bahwa Al-Qur’an ialah kalam Ilahi yang tiada banding keindahannya di dunia ini dan

Demikian beberapa keutamaan dan manfaat surat Al-Waqiah yang mana sangat luar biasa serta merupakan bukti kebenaran dari Keagungan Allah SWT beserta ciptaan-Nya.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.