8 Bakal Calon Rektor UIN Alauddin Makassar Dinyatakan Lolos Berkas, 2 Kader PMII

PECIHITAM.ORG – Dari Sembilan Guru Besar yang mengembalikan berkas pendaftaran Bakal Calon Rektor UIN Alauddin Makassar Periode 2023-2027, delapan dinyatakan lolos berkas. Dua di antaranya kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Dia adalah, Prof Dr Wahyuddin Naro M Hum, tercatat sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang PMII Kota Makassar. Kemudian, Prof Dr Abustani Ilyas M Ag, Ketua Majelis Pembina Rayon PMII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar.

Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Alauddin Makassar mengumumkan Kamis 27 April 2023. Delapan guru besar dinyatakan lolos berkas dari sembilan yang mengembalikan berkas pendaftaran.

Kedelapan itu, Prof Dr H Muhammad Amril Lc M Ag, Prodi Siti Asiyah M A Ph D, Prof Hamdan Juhannis M A Ph D, Prof Dr Muhammad Khalifah Mustami M Pd.

Baca Juga:  Pengamat Intelijen Nilai Aksi PA 212 Hanya Untuk Serang Pemerintah

Kemudian, Prof Dr Abustani Ilyas M Ag, Prof Dr Wahyuddin Naro M Hum, Prof Dr Abdul Pirol M Ag dan Prof Dr Supardin M H I.

Adapun yang gugur seleksi berkas yakni Prof Mustari Mustafa, Guru Besar pada  Fakultas Dakwah dan Komunikasi sekaligus mantan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Bangkok, Thailand.

Sebelumnya, Ketua Penjaringan Rektor UIN Alauddin Makassar, Kamaluddin Abunawas menyampaikan, setelah tahapan pendaftaran, panitia akan melakukan verifikasi berkas. 

Setelah itu kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga itu dilakukan penetapan dan pengumuman yang lolos tahap penjaringan.

“Nama-nama yang lolos akan kita serahkan ke Rektor. Nanti Rektor yang akan serahkan ke Senat,” ujar Kamaluddin Abunawas, saat ditemui 13 April lalu.

Baca Juga:  Rektor UIN Makassar Geram Adanya Spanduk Sayap HTI Di Kampus

Nantinya kata Kamaluddin, nama-nama yang lolos akan memaparkan visi dan misi di depan senat. Selanjutnya akan dilakukan penilaian kualitatif yang akan dikirim ke Jakarta.

“Seleksi selanjutnya di Kementerian Agama. Mereka ada tim seleksi. Calon rektor akan memaparkan visi misi juga di sana selain di sini,” pungkas Kamaluddin.