FKUB Makassar Bumikan Toleransi Umat Beragama di Lorong Wisata

PECIHITAM.ORG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makassar mendorong kehidupan toleransi umat beragama di lorong wisata melalui sosialisasi moderasi beragama bagi agen perubahan.

Sosialisasi dan penyuluhan perkuatan keimanan umat bagi puluhan masyarakat lorong wisata dari delapan kelurahan di Kecamatan Wajo dilaksanakan di Aula Kantor Camat Wajo, Rabu, 24 Agustus 2022.

Ketua FKUB Kota Makassar Prof Arifuddin Ahmad mengatakan, penyuluhan Moderasi Beragama bagi agen perubahan perkuatan iman merupakan program FKUB yang dilaksanakan berbasis lorong wisata.

“Jadi program ini bentuk dukungan FKUB Kota Makassar dalam mendorong lahirnya agen-agen perubahan dan penanaman nilai-nilai kehidupan toleransi dalam kehidupan masyarakat, khususnya antar dan inter umat beragama, dan itu dimulai dari kehidupan masyarakat di lorong wisata,” ujar dalam pemaparan materinya.

Baca Juga:  Toleransi Beragama Ulama Nusantara, Kisah Kyai Ahmad dan Kyai Siroj

Kemudian, Ketua Panitia Pelaksana Penyuluhan I Made Sukarta menyampaikan bahwa peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini adalah para anggota dewan lorong wisata dari delapan kelurahan yang ada di Kecamatan Wajo.

“Yang mana program ini merupakan kecamatan pertama dilakukan penyuluhan dan akan dilaksanakan pada 15 Kecamatan yang ada,” melaporkan.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar Zainal Ibrahim berharap Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB) dapat mengambil bagian dalam program Lorong Wisata.

Menurut Zainal Ibrahim, mempercantik lorong wisata dengan berbagai lukisan itu penting, namun lebih penting menata batin umat beragama yang ada di lorong.

“Jauh lebih penting adalah bagaimana menata batin, mental, akhlak dan menanamkan pentingnya hidup berdampingan yang saling sikatutui yaitu sipakatau, sipakainga dan sipakalebbi,” jelasnya.

Baca Juga:  Larangan Menghina Agama Lain Dan Indahnya Perbedaan