Bantu Pemerintah Tangani Corona, MUI Bentuk Tim Satgas Covid-19

Pecihitam.org – Dalam rangka membantu pemerintah menangani wabah virus Corona (Covid-19), Majelis Ulama Indonesia (MUI) membentuk satuan tugas (Satgas) Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 MUI Zaitun mengatakan, pemerintah membutuhkan semua pihak tak terkecuali MUI untuk menangani pandemi Corona di Indonesia.

“Wabah Covid-19 tentunya membutuhkan peran semua pihak tak terkecuali MUI,” ujar Zaitun, dikutip dari Detik, Sabtu, 11 April 2020.

Satgas Covid-19 MUI ini, kata Zaitun, juga berkomitmen untuk membantu masyarakat dan tenaga medis dan kaum dhuafa yang terdampak akibat wabah Corona ini.

Menurutnya, MUI akan memaksimalkan ormas-ormas Islam dan lembaga filantropi untuk membantu masyarakat.

Sementara itu, Juru bicara Satgas COVID-19 MUI, M Cholil Nafis mengatakan, ada dua tugas utama yang harus dilakukan satgas Covid-19 MUI.

Baca Juga:  Shalat Dirumah Lebih Utama daripada Shalat BerJamaah, Ini Penjelasannya

“Pertama, memberikan edukasi pencegahan dan cara bersikap mengenai virus Corona sesuai dengan ketentuan agama,” ujar Cholil.

“Bimbingan secara keagamaan oleh para dai akan dimaksimalkan kepada masyarakat melalui dakwah dan panduan tata cara ibadah yang baik serta menyikapi musibah secara proporsional menurut tuntunan Islam,” sambungnya.

Lanjut Cholil, tugas kedua yakni melakukan penggalangan dana dari umat untuk membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis yang merawat pasien Covid-19.

“Selain itu, dana bantuan juga akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 ini,” terangnya.