Hadits Shahih Al-Bukhari No. 645 – Kitab Adzan

Pecihitam.org – Hadits Shahih Al-Bukhari No. 645 – Kitab Adzan ini, Imam Bukhari memulai hadis ini dengan judul “Apabila Imam (Pemimpin) Mengunjungi Suatu Kaum Lalu Mengimami Mereka” Hadis dari Mahmud bin Ar Rabi’ ini menjelaskan bahwa dia berkata, “Aku mendengar Itban bin Malik Al Anshari berkata, ‘Nabi saw mohon izin, maka aku pun mengizinkannya’. Beliau saw bertanya, ‘Di mana engkau menyukai aku shalat di rumahmu ini?’ Aku menunjukkan satu tempat yang aku sukai. Beliau SAW berdiri dan kami membuat shaf di belakangnya. Hal ini menunjukkan bolehnya shalat ditempat yang disukai selama itu bersih dari najis. Kemudian beliau salam dan kami pun salam.” Keterangan hadist dikutip dan diterjemahkan dari Kitab Fathul Bari Jilid 4 Kitab Adzan. Halaman 273-274.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ أَسَدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي مَحْمُودُ بْنُ الرَّبِيعِ قَالَ سَمِعْتُ عِتْبَانَ بْنَ مَالِكٍ الْأَنْصارِيَّ قَالَ اسْتَأْذَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَذِنْتُ لَهُ فَقَالَ أَيْنَ تُحِبُّ أَنْ أُصَلِّيَ مِنْ بَيْتِكَ فَأَشَرْتُ لَهُ إِلَى الْمَكَانِ الَّذِي أُحِبُّ فَقَامَ وَصَفَفْنَا خَلْفَهُ ثُمَّ سَلَّمَ وَسَلَّمْنَا

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 472 – Kitab Shalat

Terjemahan: Telah menceritakan kepada kami [Mu’adz bin Asad] telah mengabarkan kepada kami [‘Abdullah] telah mengabarkan kepada kami [Ma’mar] dari [Az Zuhri] berkata, telah mengabarkan kepadaku [Mahmud bin Ar Rabi’] berkata, “Aku mendengar [‘Itban bin Malik Al Anshari] berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam meminta izin masuk ke rumahku, lalu aku izinkan. Beliau kemudian bersabda: “Mana tempat yang kau sukai dari rumahmu hingga aku bisa shalat di sana?” Maka aku memberi isyarat kepada satu tempat yang aku sukai. Beliau lalu berdiri shalat dan kami berbaris mengikuti di belakang beliau, setelah salam beliau kami pun memberi salam.”

Keterangan Hadis: Ada pendapat yang mengatakan bahwa Imam Bukhari memaksudkan judul bab ini sebagai isyarat bahwa hadits Malik bin AI Huwairits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi -dimana Imam Tirmidzi menggolongkan nya sebagai hadits hasan- dari Nabi SAW, من زار قوما فلا يومهم فليؤمهم رجل منهم  (Barangsiapa menziarahi suatu kaum maka janganlah mengimami mereka, akan tetapi hendaklah mengimami mereka laki-laki dari kaum tersebut) dapat dipahami berlaku bagi selain imam (pemimpin) tertinggi.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 51 – Kitab Iman

Ibnu AI Manayyar mengatakan bahwa imam (pemimpin) tertinggi serta yang setaraf dengannya apabila mengunjungi suatu tempat dalam wilayah kekuasaannya, maka pemilik tempat tersebut tidak boleh maju untuk menjadi imam. Tetapi seharusnya ia memberi izin kepada imam (pemimpin) tadi supaya terkumpul dua hak; yaitu hak sebagai imam (pemimpin) untuk maju memimpin shalat dan hak sebagai pemilik, dimana orang lain dilarang melakukan tindakan apapun di tempat yang menjadi miliknya kecuali atas izinnya.

Ada pula kemungkinan bahwa Imam Bukhari hendak mengisyaratkan kepada hadits Ibnu Mas’ud yang telah disebutkan, ولا يؤم الرجل في سلطانه ولا يجلس على تكرمته إلا بإذنه (Dan tidak boleh seseorang diimami dalam kekuasaannya, dan tidak boleh duduk di tempat yang khusus baginya kecuali atas izinnya), karena pemilik sesuatu adalah penguasa terhadap apa yang dimilikinya. Sementara imam (pemimpin) tertinggi adalah penguasa atas pemilik tempat tadi. Adapun perkataannya, “Kecuali atas izinnya” ada kemungkinan kata ganti “nya” kembali kepada dua hal sekaligus, yakni mengimami shalat dan duduk di tempat yang khusus baginya. Inilah yang ditegaskan oleh Imam Ahmad seperti dinukil oleh Imam Tirmidzi.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 240 – Kitab Mandi
M Resky S