Inilah 10 Alasan Pentingnya Belajar Ilmu Tafsir, Yuk Pahami Satu Persatu!

Inilah 10 Alasan Pentingnya Belajar Ilmu Tafsir, Yuk Pahami Satu Persatu!

Pecihitam.org – Ilmu tafsir merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari. Di zaman sekarang mungkin banyak yang mempelajari dan menghafal al-Qur’an, namun tidak memahami isi ayat di dalamnya. Maka, alangkah lebih baiknya jika mereka pun mempelajari ilmu tafsir, agar saat membaca al-Qur’an, mereka lebih mentadabburi isi kandungan ayatnya. Dan inilah alasan pentingnya belajar ilmu tafsir yang harus diketahui.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dilangsir dari kitab Mausu’ah Ulumul Qur’an karya Abdul Qadir Muhammad Mansur, beliau menyebutkan ada 10 alasan pentingnya belajar ilmu tafsir, diantaranya adalah:

أحق العلوم الإسلامية بالدراسة والتدبر وكشف المعان والأسرار

Sebab ilmu tafsir adalah ilmu agama yang lebih pantas untuk dipelajari, ditaburi, serta di kupas makna dan rahasianya, agar bertambah iman seseorang dan memperluas wawasan mengenai penafsiran Qur’an.

يحتل علم التفسير الصدارة بين العلوم الإسلامية، لأن فهم معاني القرآن أمر ضروري لقارئ القرآن والمتفقة في الدين

Sebab ilmu tafsir menduduki tingkatan teratas diantara ilmu-ilmu agama yang lain, karena memahami makna-makna al-Qur’an bagi para pembaca qur’an dan pelajar ilmu agama yang lain merupakan suatu keharusan.

Baca Juga:  Apa Sih Tahlilan Itu? Sunnah dan Fadhilah Apa Sih Di Dalamnya?

تزداد البركة بتقدم الزمان والابتعاد عن عصر النبوة المبارك

Bertambahnya keberkahan seiring berkembangnya zaman dari masa Nabi yang mulia.

إن علم التفسير من الأهمية بمكان

Sesungguhnya ilmu tafsir adalah ilmu yang mempunyai kedudukan yang tinggi. Hingga imam Iyyas bin Muawiyah berkata “Seseorang yang membaca Al-Qur’an tanpa mengetahui tafsirannya, seperti orang yang berjalan di kegelapan malam. Sedangkan, bagi mereka yang mengetahui tafsirannya seperti orang yang membawa lampun saat di kegelapan malam”. (Lihat di Zada al-Masir li Ibni al-Jauzi)

الاطلاع على الشرائع والأحكام إلى معرفة معاني القرآن

Dengan belajar ilmu tafsir maka seseorang akan memahami hukum syariat, sebab ilmu tafsir merupakan ilmu yang tidak bisa dipisahkan dengan pendoman syariat Islam, yaitu al-Qur’an.

متعلم علم التفسير من أعظم الناس وأوفرهم حظا ونصيبا

Seseorang yang mempelajari ilmu tafsir maka ia termasuk orang yang mulia, serta menjadi orang yang beruntung, dan disegani oleh orang lain. Karena ia akan memahami kandungan ayat dalam al-Qur’an.

Baca Juga:  Kitab Tafsir Jalalain Karya Jalaludin Al Mahali Dan Jalaludin As Suyuti

. علم التفسير يدل صاحبه على ما يجب أن يعتصم به ليتعبد عن الضلال ويسلك طريق الهداية

Ilmu tafsir akan mewajibkan para pelajarnya untuk menjaganya, agar ia terselamatkan dari kesesatan dan selalu menempuh jalan yang benar.

علم التفسير من أعظم الأسباب التي تعين العبد على صلاح قلبه وعمله

Ilmu tafsir merupakan ilmu yang dapat mengobati hati seseorang, serta menjadikan para pelajarnya untuk selalu berbuat kebaikan.

يعتبر المفسر كثير الاشتغال بآيات الله

Menunjukkan bahwa para mufassir selalu menyibukkan dirinya dengan ayat-ayat Allah.

علم التفسير يدخل صاحبه في خير هذه الأمة

Ilmu tafsir menjadikan para pelajarnya menjadi orang yang paling mulia diantara umat yang lainnya.

Itulah sepuluh alasan penting mengapa seseorang harus mempelajari ilmu tafsir. Namun dalam redaksi kitab-kitab yang lain disebutkan lebih banyak lagi alasan mengapa harus mempelajari ilmu tafsir. Diantaranya adalah agar dapat menambah keimanan dengan cara mentadabburi makna-makna dalam Al-Qur’an.

Baca Juga:  Metode Memilih Fiqih dalam Beragamnya Perbedaan Fatwa

Juga mentadabburi alam semesta. Sebab dalam Al-Qur’an juga banyak dijelaskan mengenai semesta alam. Maka, jika seseorang hafal Al-Qur’an serta dapat memahami tafsiran nya, dan yang pasti mengamalkan apa yang ada di dalamnya, maka ia tergolong sebagai orang yang mulia di dunia dan akhirat. Sebab, Allah telah menjanjikan kebahagiaan nya. Wallahu A’lam bisshowab.

Nur Faricha