Jaga Toleransi Beragama di Indonesia, GP Ansor Terjunkan Banser Amankan Perayaan Natal

Banser

Pecihitam.org – Pada perayaan Hari Natal 2019, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menerjunkan anggota Barisan Ansor Seraguba (Banser) untuk menjaga gereja-gereja selama umat Kristiani merayakan hari rayanya tersebut.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hal itu dilakukan oleh pihaknya sebagai wujud toleransi.

“Kami sudah instruksikan Banser di seluruh Indonesia untuk siaga dan ikut membantu aparat keamanan mengamankan perayaan Natal. Setidaknya, setengah dari tujuh juta anggota Banser sudah menerima instruksi ini,” ujar Gus Yaqut, sapaan akrab Yaqut Cholil, dikutip dari Okezone, Selasa, 24 Desember 2019.

Gus Yaqut mengatakan bahwa seperti tahun-tahun yang lalu, kenyamanan umat Kristiani ketika merayakan Natal menjadi prioritas kegiatan Banser pada besok, 25 Desember 2019.

Baca Juga:  Ustaz Abdul Somad Mundur dari PNS UIN Suska Riau, Ada Apa?

“Menjaga gereja bagi Banser adalah menjaga Indonesia. Karena negeri besar ini dulu merdeka juga bukan hanya perjuangan umat Muslim saja, tetapi semua kelompok termasuk ummat kristiani,” kata Gus Yaqut.

Sementara itu, Pengurus Komisi Germasa Sinode Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, Jeirry Sumampow menyambut baik aksi Banser yang ikut menjaga keamanan gereja selama perayaan Natal berlangsung.

“Sebenarnya gereja-gereja umumnya menyambut baik bantuan atau bentuk solidaritas dukungan Ansor dan Banser terlibat proses penjagaan ibadah Natal,” ungkap Jeirry.

“Jadi ini tidak sekadar menjaga, tapi juga bagian dari upaya kami menjaga dan menghormati satu dengan yang lain, dan terus memelihara kemajemukan agama. Begitupun kalau ada perayaan umat agama lainnya, kami juga turut ikut menjaga,” lanjutnya.

Baca Juga:  Soal Kasus Uighur, GP Ansor Minta Klarifikasi atas Lahan Migas di Xinjiang
Muhammad Fahri