Pasukan Suriah Berhasil Rebut Sebagian Besar Wilayah Aleppo dari Kawanan Teroris

Pecihitam.org – Pasukan Arab Suriah (SAA) dikabarkan telah merebut sebagian besar wilayah di Provinsi Aleppo yang sebelumnya dikuasai oleh kubu oposisi dan kawanan teroris.

Kabar tersebut dilaporkan oleh berbagai media resmi Suriah pada Minggu, 16 Februari 2020, waktu setempat.

“Tentara telah menyempurnakan blokadenya dan keamanan kota Aleppo, dan sudah nyaris mengepung titik pantau Turki yang terletak di Gunung Andan di bagian barat laut Provinsi Aleppo,” tulis laporan media perang al-I’lan al-Harbi milik SAA di halaman Facebook-nya, dikutip dari Liputan Islam, Senin, 17 Februari 2020.

Sementara saluran TV al-Ekhbariya Suriah melaporkan bahwa satuan-satuan SAA telah mengepung sisa-sisa kawanan teroris di sebuah kawasan kecil di provinsi tersebut.

Baca Juga:  Makin Memanas, Militer Turki Kirim Pasukan Khusus ke Wilayah Suriah

SAA memperluas kekuasaannya di sekitar Aleppo hingga mencakup beberapa desa dan kota kecil di pinggiran barat dan barat laut kota ini, termasuk kota Andan, desa Maarah al-Artiq, dan distrik Hurriyatan.

Pasukan SAA sebelumnya juga telah membebaskan desa-desa Kfar Dael, Mansurah, Tal Shuwaihanah, dan beberapa kawasan al-Halaqim bersamaan dengan keberhasilannya dari kota Khain Sheikhun merebut desa al-Rakaya hingga ke arah barat laut setelah menumpas gerombolan-gerombolan terakhir teroris di sana.

Sementara itu, Presiden Suriah Bashar al-Assad saat menyambut kunjungan resmi ketua parlemen Iran Ali Larijani di Damaskus menegaskan bahwa SAA dan sekutunya akan terus berjuang menumpas kawanan teroris di Idlib dan Aleppo.

Baca Juga:  Militer Turki Serang Pasukan Suriah di Wilayah Idlib Timur

Presiden Bashar juga mengaku percaya bahwa bangsa Suriah sanggup membebaskan seluruh wilayahnya dan mengembalikan semua itu ke pangkuan negara tersebut.

Muhammad Fahri