Penting! Inilah Kriteria Teman yang Membawa Rezeki

Teman yang Membawa Rezeki

Pecihitam.org – Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah lepas dengan pertemanan, sebab sebagai makhluk sosial kita pasti butuh teman untuk saling berinteraksi. Teman bisa membawa seseorang pada hal baik seperti saling mengingatkan, bahkan ada pula teman yang membawa rezeki.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Perlu diketahui bahwa teman juga punya peranan penting dalam membangun karakter seseorang. Bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan dalam sebuah hadits bahwa seseorang bergantung pada agama dan teman-temannya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk dalam memilih orang-orang yang akan dijadikan teman. Bisa kita lihat, begitu banyak orang-orang yang hancur dan terjerumus hal-hal buruk serta negatif karena pengaruh teman yang salah.

Adapun bagi siapapun pasti sangat beruntung jika punya teman yang juga saling membawa rezeki. Jangan khawatir, ternyata kriteria orang yang membawa kebaikan ini bisa kita dikenali. Tidak sekedar kebaikan dunia, mereka juga bisa membawa kita meraih kebaikan akhirat. Seperti apa kriterianya? Berikut penjelasannya.

1. Teman yang mengingatkan kita kepada Allah

Kriteria teman yang membawa rezeki pertama adalah orang-orang yang jika dilihat bisa selalu mengingatkan kita kepada yang Kuasa. Karakter teman seperti ini punya keimanan yang tinggi, mereka rajin beribadah dan beramal shaleh, rajin membaca Alquran dan selalu mengajak dalam kebaikan.

Baca Juga:  Filosofi Tembang Sluku-sluku Batok Dakwah ala Sunan Kalijaga

Teman-teman seperti inilah yang akan mendatangkan rezeki kepada kita. Sebab kita akan selali dibawa menuju dan dekat dengan Allah yang akan membuat rezeki kita semakin lancar. Tidak hanya lancar, rezeki yang diperoleh pun juga mendapat keberkahan dari Allah Swt.

2. Teman yang baik dalam bertutur kata

Berapa banyak teman yang tutur kata, bahasa bahkan mungkin perilakuknya yang buruk kita ikuti, bukan membuat orang tua bangga malah sebaliknya membuat mereka kecewa. Oleh sebab itu, carilah teman yang tutur kata dan bahkan mungkin nasehatnya bisa membuat kita termotivasi untuk semakin menambah amal kebaikan.

Biasanya kriteria seperti mereka hanya akan berkata yang baik-baik saja. Tipe teman seperti ini juga lebih sering memilih diam dibanding harus berkata namun menyakitkan orang lain. Atau bisa juga mereka hanya berkata dalam hal-hal yang memang penting dan tidak sia-sia.

Baca Juga:  Adab Makan Sesuai Sunnah Nabi, Salah Satunya Makan Pakai Tiga Jari

Jika engkau menemukan teman yang demikian, maka janganlah dilepas. Teruslah bersahabat bersama mereka dan jagalah pertemaan itu. Sebab kebaikan yang mereka punya juga akan menular kepada pribadi kita.

Bukankah Allah SWT juga akan memberikan rezeki kepada orang-orang yang berbuat baik. Pastinya, rezeki yang diberikan haram dan berkah. Sehingga akan lebih mudah dalam menjalani kehidupan.

3. Teman yang mengingatkanmu pada Akhirat

Apa yang terlihat dari teman biasanya akan mudah kita ikuti. Tidak heran jika tidak sedikit orang terlibat hal-hal buruk sebab pengaruh teman atau sahabat yang dekat dengannya. Akhirnya kita hanya mengejar dunia tanpa sedikit pun ingat dengan akhirat.

Bukankah hidup di dunia hanya sementara, sedangkan amal di dunia tidak cukup untuk menempuh akhirat yang kekal. Orang yang berbuat dosa dan sering melanggar perintah serta aturan Tuhan-nya pasti tidak akan tenang dalam menjalani hidupnya.

Baca Juga:  Celana Memanjang Sampai Ke Tanah dan Kotor, Bolehkah Dipakai Sholat?

Oleh karena itu, kita membutuhkan teman yang dengan amal dan perilaku hidupnya dapat selalu mengingatkan kita kepada akhirat. Teman dan sahabat yang seperti inilah yang akan membawa rezeki berupa kedamaian hati. Dia memposisikan dirinya menjadi teladan yang baik sehingga kita bisa mengikutinya. Tidak hanya sebagai teman yang baik di dunia bahkan bisa juga di akhirat nanti. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik