Selain TNI dan Personel Pemda, Polisi Libatkan FPI Untuk Pengamanan Natal 2019

Natal 2019

Pecihitam.org – Operasi Lilin Jaya 2019 di Jakarta Utara dalam rangka pengamanan Natal bakal dikawal 1.800 personel gabungan dari Polres Metro Jakarta Utara yang dibantu oleh beberapa ormas di Indonesia, termasuk Front Pembela Islam (FPI).

“Seluruh pihak yang mengamankan dan membantu di bawah koordinasi dari Polres Metro Jakarta Utara dalam pengamanan malam Natal dan tahun baru. Jumlahnya total ada 1.800 personel,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, dikutip dari Akurat, Kamis, 19 Desember 2019.

Pihaknya, kata Budhi, telah mendata sebanyak 250 gereja akan menyelenggarakan kegiatan. Ia menjelaskan, kegiatan di gereja meliputi misa yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Buka Opsi Larang Eksistensi FPI di Indonesia

“Mereka sudah menyampaikan kegiatan yang akan mereka lakukan, misalnya ada yang melaksanakan misa satu kali, ada yang dua kali bahkan ada yang lebih dari dua kali,” ujarnya.

Sementara untuk titik kemacetan, Budhi mengatakan akan berfokus mengawal di tempat-tempat rekreasi di Jakarta Utara.

“Dari pemerintah kota memusatkan pelaksanaan tahun baru Jakarta Utara di seputaran Danau Sunter. Itu juga pasti akan terjadi kepadatan,” ujar Budhi.

Dari unsur personel pemerintahan, kata Budhi, pihaknya melibatkan jajaran TNI dan pemerintah daerah dari instansi Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, hingga Dinas Kesehatan.

“Untuk di Jakut, jumlah TNI-Polri dan seluruh petugas yang dilibatkan, termasuk dari pemerintah daerah, ada dari Dishub, Satpol PP, pemadam kebakaran, dinas kesehatan,” ujar Budhi.

Baca Juga:  Pemprov DKI Larang DWP Kembali Digelar, Ima Mahdiah: Anies Takut FPI
Muhammad Fahri