Warga Korban Banjir: Terima Kasih Kepada Banser Yang Selalu Ada Bersama Kami

Banser

Pecihitam.org – Pasukan inti Gerakan Pemuda (GP) Ansor yakni Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jakarta Timur terus berupaya membantu masyarakat membersihkan rumah dan jalan yang dipenuhi lumpur serta sampah paska banjir.

Bantuan dari personel Banser Jakarta Timur kali ini difokuskan di Kelurahan Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Jakarta Timur, Abdul Majid, mengatakan, selain membersihkan jalan yang tergenang lumpur, rumah warga yang terdampak banjir, Banser bersama warga juga mengangkut barang ke lokasi pengungsian terdekat.  

“Banser bersama warga saling bahu-membahu membersihkan lumpur dan sampah agar tidak bau serta mengakibatkan licin sehingga membahayakan masyarakat yang melintas di jalan. Hal tersebut dilakukan juga supaya jika ada bantuan dapat cepat untuk distribusikan ke warga,” kata Abdul, dikutip dari situs resmi NU, Minggu, 5 Januari 2020.

Baca Juga:  Gelar Kemah Bakti Akhir Tahun, 500-an Kader Ansor Banser Sulsel Bagi Sembako untuk Warga

Sementara itu,  salah seorang warga, Agus merasa sangat  terbantu dengan adanya Banser yang dengan sukarela turut membersihkan rumahnya dari lumpur juga sampah akibat terendam banjir. 

 “Kami sangat berterima kasih kepada Banser yang selalu ada bersama kami dari beberapa hari kemarin membantu apa yang kami butuhkan, mulai dari evakuasi  warga, menyiapkan makanan minuman, pakian maupun kesehatan warga tanah rendah ini,” ujarnya.

Sekertaris Cabang GP Ansor Jakarta Timur,  Saiful Romdhon, menyampaikan bahwa fisik seluruh anggota sudah terlatih dan tentu saja senantiasa siap tanggap bagi warga yang membutuhkan.  

“Banser selalu siap dan tanggap cepat membantu korban bencana, karena memang hal tersebut sudah menjadi bagian dari tugasnya,” ujar Siaful.

Baca Juga:  Polisi Dalami Tersangka Baru Intimidasi Banser

Diketahui, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) sudah mendirikan posko gabungan sejak Rabu 1 Januari 2020.

Bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) DKI Jakarta, PCNU Jakarta Timur mendirikan posko di Jalan Permata II RW 06, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.  

Selain LPBINU, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) juga turut mendirikan dapur umum menggunakan mobil dapur halal berjalan (dahar ) untuk menyiapkan makanan makan siap saji bagi korban banjir.  

Sejumlah relawan di posko tersebut telah siap untuk melayani kebutuhan warga. Para relawan adalah terdiri atas Fatayat NU, IPPNU, termasuk keberadaan warga non-Muslim.  

“Mereka semua bersinergi bahu membahu di dapur umum yang NU dirikan  sejak musibah menimba warga Jakarta,” kata Saiful.

Baca Juga:  Banser dan Satgas Karhutla Bahu Membahu Padamkan Kebakaran Hutan di Kalbar

Ia menanmbahkan, keberadaan posko bersama masih tetap siaga dengan sejumlah petugas yang dijadwal sedemikian rupa untuk melayani korban banjir.  

“Insyaallah kami ada di posko sampai penanganan banjir benar-benar tuntas dan warga kembali ke rumah masing masing serta beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya.

Muhammad Fahri