Keutamaan Shalat Subuh yang Jarang Diketahui Umat Islam

keutamaan shalat subuh

Pecihitam.org – Salah satu ibadah shalat yang berat dilaksanakan bagi sebagian besar kaum Muslim khususnya laki-laki dewasa adalah shalat subuh padahal jika kita cermati justru manfaat dari keutamaan shalat subuh sungguh luar biasa

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Berikut keutamaan shalat subuh yang sebaiknya kita ketahui:

1. Mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Shalat Subuh berpeluang mendapatkan berkah dari Allah, sebab aktivitas yang dilaksanakan pada waktu pagi, terlebih aktivitas ibadah wajib dan dilaksanakan berjamaah seperti shalat Subuh, telah didoakan agar mendapatkan berkah.

Rasulullah saw mendoakan yang artinya: “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

2. Mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.

Pada waktu subuh kondisi umumnya masih gelap gulita, namun dengan kondisi seperti itulah justru terdapat ganjaran yang besar dari Allah bagi manusia-manusia yang menuju masjid buat melaksanakan shalat dengan cahaya yang sempurna di hari Kiamat.

Dalam hadits disebutkan yang artinya:

Dari Buraidah al-Aslami ra. dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ia bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

3. Mendapatkan ganjaran shalat malam sepenuh waktunya.

Pahala melakukan shalat malam sepenuh waktu malam ternyata bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat Subuh secara berjamaah, dalam hadits Rasulullah SAW disebutkan yang artinya:

“Barang siapa yang menunaikan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang menunaikan shalat setengah malam. Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang menunaikan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan ra.)

Baca Juga:  Doa dan Amalam Malam Lailatul Qadar Sesuai Ajaran Nabi Saw

4. Berada dalam jaminan Allah SWT.

Orang yang melaksanakan shalat Subuh dengan sempurna, antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah, maka siapa yang berada dalam perlindungan Allah, orang itu tidak boleh disakiti dan orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, sebab dia telah melanggar perlindungan yang Allah berikan kepada orang tadi, dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersaba yang artinya:

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian ia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundub ibn Abdillah al-Bajali ra.)

5. Dibebaskan dari sifat orang munafik.

Shalat Subuh secara berjamaah adalah salah satu upaya yang bisa kita tempuh agar bisa terhindar dari terjangkit penyakit kemunafikan itu, disebutkan dalam hadits yang artinya:

“Tidak ada Shalat yang lebih berat (ditunaikan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar menunaikan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

Baca Juga:  Meneladani Toleransi Beragama dalam Islam dari Rasulullah

6. Jamaah shalat Subuh dipersaksikan oleh malaikat.

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawabnya, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

7. Mendapatkan pahala haji atau umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari.

Bisa dibayangkan betapa besar ganjaran pahala yang didapatkan bila memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dasarnya adalah keterangan dari Anas ibn Malik ra., dari Rasulullah SAW yang bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

8. Kesempatan untuk melaksanakan shalat sunnah Subuh.

Kesempatan lain yang bisa didapatkan dengan mengupayakan shalat Subuh secara berjamaah adalah shalat sunnah Subuh dua rakaat. Shalat sunnah Subuh dua rakaat ini punya kelebihan tersendiri yang disebutkan dalam hadis yang artinya:

Baca Juga:  Keutamaan Ilmu dalam Islam, Ibarat Pohon yang Berbuah Lebat

“Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah ra.)

9. Keselamatan dari siksa Neraka.

Keselamatan dari siksa Neraka berarti berita gembira tentang masuk Surga dan ganjaran ini berlaku bagi yang melaksanakan shalat Subuh secara sempurna (berjamaah). Sesuai Hadis berikut yang artinya:

Dari Umarah ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).” (HR. Muslim)

10. Kemenangan dengan melihat Allah SAW pada hari Kiamat nanti.

Tentunya hal ini merupakan ganjaran terbesar yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya.

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali ra. berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

Demikian keutamaan shalat subuh dan semoga dapat memicu kita untuk senantiasa bisa menjaga shalat Subuh khususnya berjamaah.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.