200 Anggota Banser Tangerang Diturunkan Bantu Polisi Jaga Gereja

Pecihitam.org – Polresta Tangerang menggandeng Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu pengamanan Natal dan tahun baru 2020. Sebanyak 200 anggota Banser akan ikut menjaga gereja pada saat misa Natal.

Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi menjelaskan alasannya menggandeng Banser dalam pengamanan ini. Menurutnya, peran Banser dalam menjaga semangat kerukunan sudah terbukti dan teruji.

“Banser adalah salah satu kelompok masyarakat yang memiliki kontribusi membantu aparat keamanan, terutama saat peringatan Hari Raya Natal. Tanpa diminta pun, sahabat Banser pastinya akan turun membantu aparat keamanan menjaga gereja,” kata Ade saat menyambangi markas Ansor Banser Kabupaten Tangerang di Perum PWS Tigaraksa. Dikutip dari media Detik, Jum’at (20/12/19).

Mantan Kapolres Pontianak ini menilai pentingnya peran serta masyarakat maupun ormas dalam memelihara dan menjaga keamanan. Sebab, tanggung jawab menjaga keamanan sejatinya adalah tanggung jawab bersama.

“Saya juga mengapresiasi komitmen Banser dalam upayanya menjaga kerukunan dan toleransi,” imbuhnya.

Dia berharap langkah Banser dapat menjadi role model bagi elemen lain untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kerukunan, sehingga terwujud situasi keamanan yang stabil.

“Eksistensi Banser menjaga gereja saat saudara-saudara kita melaksanakan ibadah Natal merupakan bentuk komitmen dalam menjaga semangat keberagaman dalam bingkai kebinekaan,” terangnya.

Selain Banser, polisi akan menggandeng kelompok masyarakat lain untuk bersama-sama menjaga keamanan. Dia berharap, dengan banyaknya peran serta masyarakat, situasi keamanan saat Natal dan tahun baru berjalan dengan kondusif.

Baca Juga:  14 Pangeran Arab Saudi Dilaporkan Positif Terinfeksi Covid-19

“Dengan memperbanyak kemitraan sinergis, semakin sedikit kekuatan yang harus kita gunakan,” tandasnya.

Adi Riyadi