Inilah Amalan Ringan untuk Raih Seribu Kebaikan dalam Sehari

amalan seribu kebaikan

Pecihitam.org Banyak sekali amalan yang mengandung seribu kebaikan dalam kehidupan sehari hari, entah itu kebaikan yang ada didunia maupun di akhirat. Biasanya amalan di ijazahkan dari guru, dengan berbagai keutamaan dan faedahnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Namun juga ada orang yang mengamalkan suatu wirid tertentu berdasarkan keinginan hatinya, apakah hal ini boleh? Tentu diperbolehkan asalkan tidak melanggar syariat agama.

Yang jelas wirid apapun itu diperbolehkan karena wirid adalah suatu amalan kebaikan yang mengingatkan kita kepada Allah, dan akan sangat bagus sekali jika kita melakukannya dalam kegiatan sehari hari.

Lalu apakah ada amalan yang dapat memberikan seribu kebaikan? Jawabannya ada dan banyak, salah satunya yaitu dengan berdzikir membaca bacaan tasbih sebanyak seratus kali maka Allah akan memberikan kebaikan sebanyak seribu kali.

Hal itu telah diterangkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau pernah bersabda:

عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ بن أبي وقاص ، حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ : كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : ( أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ ، كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ ؟ ) فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ : كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ ؟ قَالَ : ( يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيحَةٍ ، فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ ، أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيئَةٍ )

Baca Juga:  Amalan Sunnah Setelah Bayi Lahir yang di Contohkan Rasulullah SAW

Dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash dimana ia menceritakan sebuah hadis dari ayahnya, ia berkata, “Ketika itu kami bersama Rasulullah Saw, kemudian beliau bersabda, ‘Mampukan kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan?’ bertanya seseorang dari tempat ia duduk, ‘Bagaimana bisa salah satu dari kita  melakukan seribu kebaikan?’ Lalu Nabi menjawab, ‘Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim&Tirmizi)

Hadits di atas merupakan hadits yang berkualitas hasan shahih menurut Imam Tirmidzi. Dalam Al-Qur’an juga telah disebutkan bahwa orang yang beramal kebaikan maka akan dibalas dengan sepuluh kebaikan.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Baca Juga:  Doa, Amalan dan Anjuran Sebelum Tidur Menurut KH Sholeh Darat

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (QS. Al An’am:160)

Dan juga terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 261, Allah berfirman:

وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dalam Mirqatul Mafatih, Al-Qari’ menjelaskan bahwa satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan merupakan kelipatan yang paling minimal yang dijanjikan Allah dalam Alquran.

Dalam riwayat lain, Rasulullah juga bersabda tentang keutamaan membaca tasbih sebanyak seratus kali, yaitu:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ( مَنْ قَالَ: حِينَ يُصْبِحُ وَحِينَ يُمْسِي: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، مِائَةَ مَرَّةٍ، لَمْ يَأْتِ أَحَدٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ، إِلَّا أَحَدٌ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ أَوْ زَادَ عَلَيْه(

Baca Juga:  Bacalah Doa Ini Ketika Begadang Agar Badan Selalu Sehat

“Siapa yang membaca di waktu pagi dan sore, ‘Subhanallah wa bihamdihi’ seratus kali, maka tidak ada seorangpun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim)

Dari penjelasan hadits diatas dapat kita simpulkan bahwa, untuk mendapatkan seribu kebaikan, maka kita dapat membaca amalan dzikir tasbih sebanyak seratus kali setiap harinya. Demikian semoga bermanfaat. Wallahu’alam.

Lukman Hakim Hidayat