Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup Hingga Sekarang? Ini Penjelasan Ulama

benarkah nabi khidir masih hidup

Pecihitam.org – Nabi khidir a.s merupakan Nabi Allah yang memiliki ke’aliman yang luar biasa, kisahnya masyhur kita Nabi Musa diperintahkan Allah untuk belajar darinya. Banyak sekali perbincangan tentang Nabi Khidir, dan apa benarkah nabi khidir masih hidup?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Kisahnya tertulis dalam Al Qur’an, salah satunya dalam surat Al-Kahfi ayat 65:

فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا

Artinya: Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.

Dalam fatwanya, Syekh Athilah Mufti Al-Azhar menyampaikan terkait dengan maksud dari ayat diatas, beliau berkata:

تَحَدَّثَ الْقُرْآنُ الْكَرِيْمُ عَنْ عَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللهِ تَقَابَلَ مَعَهُ مُوْسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَكَانَ بَيْنَهُمَا مَا جَاءَ فِى سُوْرَةِ الْكَهْفِ {فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا} الآية: 65 وَتَحَدَّثَتِ السُّنَّةُ النَّبَوِيَّةُ الصَّحِيْحَةُ كَمَا رَوَاهُ الْبُخَارِى وَأَحْمَدُ وَالتُّرْمُذِى عَنْ هَذَا الْعَبْدِ الصَّالِحِ بِاسْمِ “الْخِضْرِ” لأَنَهَ جَلَسَ عَلَى فَرْوَةٍ بَيْضَاءَ هِىَ وَجْهُ اْلأَرْضِ فَإِذَا هِىَ تَهْتَزُّ مِنْ تَحْتِهِ خَضْرَاءُ (فتاوى الأزهر 10/ 425)

Baca Juga:  Tingkatan Nabi Khidir di Atas Nabi Musa? Siapakah Beliau Sebenarnya?

“Al-Quran mengisahkan seorang hamba diantara hamba-hamba Allah yang berjumpa dengan Nabi Musa, yang dijelaskan dalam surat al-Kahfi yang artinya: ‘Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami’. Hadis-hadis sahih, seperti al-Bukhari, Ahmad dan Turmudzi menjelaskan tentang ‘hamba’ ini adalah Khidir (hijau). Disebiut Khidir karena jika ia duduk di atas tanah yang tandus, maka akan tumbuh pepohonan yang hijau” (Fatawa al-Azhar 10 / 425)

Lalu benarkah Nabi Khidir masih hidup sampai sekarang? Dalam masalah ini para ulama berbeda pendapat, ada yang mengatakan masih hidup, ada juga yang mengatakan bahwa Nabi Khidir wafat sebelum berusia 100 tahun.

Tetapi kebanyakan para ulama mengatakan bahwa Nabi Khidir masih hidup samapai sekarang, Imam Nawawi mengatakan: “Nabi Khidir masih hidup, ada di tengah-tengah kita saat ini”. Dan Syekh Athiyah mengatakan bahwa ini adalah pendapat yang sahih.

Baca Juga:  Wudhu dengan Segelas Air dan Cara Menghindari Air Musta'mal

Ada beberapa hal yang mendasari tentang pendapat Syekh Athiyah tentang Nabi Khidir yang di Indikasi masih hidup sampai sekarang. Indikasi tersebut menurut Syekh ‘Athiyyah antara lain: Pertama, ada banyak kabar dari para ulama yang berkumpul bersama Nabi Khidir. Kedua, Adanya riwayat bahwa Nabi Khidir takziah menjelang wafatnya Rasulullah Saw.

Pada tanggal 27-29 Juli 1984, di adakan bahtsul masail NU bertempat di Pon. Pes. Zainul Hasan Genggong Kraksan Probolinggo, salah satu yang di bahas yaitu apakah Nabi Khidir masih hidup sampai sekarang, hal ini di dasarkan dalam Al Qur’an ada ayat:

 وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِنْ قَبْلِكَ الْخُلْدَ

“Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad)”

Mayoritas ulama berpendapat bahwa Nabi Khidir masih hiudp, dan mungkin bisa terjadi, jika ada yang bertemu dengannya. Dasar hukum dari pendapat itu adalah:

Tafsir al-Khazin, Juz III

وَاخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِى أَنَّ الْخَضِرَ أَحَيٌّ أَمْ مَيِّتٌ، وَقِيْلَ إِنَّهُ حَيٌّ وَهُوَ قَوْلُ اْلأَكْثَرِيْنَ مِنَ الْعُلَمَاءِ، وَهُوَ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ عِنْدَ مَشَايِخِ الصُّوْفِيَّةِ وَأَهْلِ الصَّلاَحِ وَالْمَعْرِفَةِ. وَالْحِكَايَةُ فِى رُؤْيَتِهِ وَاْلإِجْتِمَاعِ بِهِ وَوُجُوْدِهِ فِى الْمَوَاضِعِ الشَّرِيْفَةِ وَمَوَاطِنِ الْخَيْرِ أَكْثَرُ مِنْ أَنْ تُحْصَى.

Baca Juga:  Riya', Suka Pamer yang Membuat Amal Menjadi Sia-sia di Hadapan Allah

“Terjadi perbedaan pendapat di antar para Ulama’ apakah Nabi Khidlir masih hidup atau sudah mati? dikatakan bahwa Nabi Khidlir masih hidup dan itu perkataan/pendapat kebanyakan para Ulama’. Dan itu merupakan kesepakatan bagi para guru-guru sufi (ahli tasawuf) dan ahli kebaikan serta ahli ma’rifat. Dan juga cerita tentang terlihatnya Nabi Khidlir dan berkumpulnya. Dan masih nampak pada tempat-tempat yang mulya dan tempat-tempat baik yang banyak tidak terhitung”.

Itulah jawaban dari pertanyaan benarkah Nabi Khidir masih hidup sampai sekarang! Wallahua’lam.

Lukman Hakim Hidayat