Iran Siap Pasarkan Alat Tes Covid-19 Buatan Negaranya

Pecihitam.org – Alat uji atau test kit untuk mendiagnosa virus corona (Covid-19) buatan Iran telah siap untuk dipasarkan. Hal itu diungkapkan seorang manajer perusahaan berbasis pengetahuan Iran, Vahid Younesi.

Vahid menambahkan bahwa perusahaannya cukup mampu memproduksi 80.000 kit setiap minggunya.

Menurutnya, tim penelitian dan pengembangan di perusahaannya mulai bekerja pada produksi alat tes laboratorium asli untuk virus corona baru, setelah kasus pertama dikonfirmasi di Iran bulan lalu dan atas panggilan untuk kerja sama oleh Wakil Presiden untuk Sains dan Teknologi.

“Para peneliti dan spesialis di firma ini bekerja sepanjang waktu dan sangat keras dalam masalah ini dan telah menggunakan instruksi-instruksi ditambah pengalaman dunia, terutama oleh dua negara perintis AS dan China dalam pembuatan alat uji diagnostik virus corona,” ujar Vahid, dikutip dari Arrahmahnews, Kamis, 26 Maret 2020.

Vahid juga mengungkapkan bahwa diagnostik Pishtaz Teb Zaman dapat memasok laboratorium yang direkomendasikan dengan 80.000 kit setiap minggu, dan telah menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan 400.000 kit dalam bulan kalender Persia berikutnya (20 April – 20 Mei).

Baca Juga:  Habib Luthfi Bakal Hadiri Silatnas MATAN di Makassar

“COVID-19 akan didiagnosis dengan benar pada pasien yang dicurigai memiliki produk. Kit ini akan mencari genom virus (virus), dan hasilnya akan keluar setelah proses diagnosis selesai,” katanya, sebagaimana dikutip Press TV.

Muhammad Fahri