Benarkah Perempuan Tercipta dari Tulang Rusuk Laki-laki? Ini Penjelasan Para Ulama Tafsir

Benarkah Perempuan Tercipta dari Tulang Rusuk Laki-laki, Ini Penjelasan Para Ulama Tafsir

Pecihitam.org – Diantara hal yang telah menjamur di masyarakat adalah pemahaman bahwa asal perempuan dari rusuk laki-laki. Oleh karenanya, tidak heran jika anak muda yang beru mengenal cinta kerap membuat story di WhatsAppnya “Aku percaya bahwa engkaulah tulang rusukku, terimalah cintaku”.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Namun benarkah perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki? Anggapan bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki sebetulnya memang mendasar, juga tidak dapat dikatakan keliru seutuhnya. Sebagaimana termaktub dalam surah An-Nisa ayat 1, sebagai berikut:

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu. [QS. An-Nisa: 1]

Ungkapan “menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya” dalam Tafsir Jalalain dimaknai dengan tulang rusuknya (Adam) yang sebelah kiri.

Baca Juga:  Wali Songo: Sejarah Lengkap 9 Tokoh Penyebar Islam di Tanah Nusantara

Begitu juga dalam tafsir Ibnu Katsir, ungkapan tersebut dimaknai dengan tulang rusuknya (Adam) yang sebelah kiri bagian belakang saat ia tertidur.

Selain surah An-Nisa ayat 1 di atas, dasar pemahaman berasalnya perempuan dari rusuk laki-laki juga adalah surah An-Nahl: 72:

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ الطَّيِّبٰتِ ۚ أَفَبِالْبٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Artinya: Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?

Imam Jalaludin juga dalam tafsirnya mengatakan bahwa ungkapan “Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri” dimaknai dengan Allah menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam”.

Sebenarnya, memang terdapat hadis yang juga mengatakan bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki, yang banyak diriwayatkan oleh para imam dalam kitabnya masing-masing, seperti Musnad Ahmad, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Shahih Ibnu Hibban, Mu’jam Ausath, Sunan Darimi dan lainnya, berikut salah satu riwayatnya.

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَمُوسَى بْنُ حِزَامٍ قَالَا حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ مَيْسَرَةَ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ…

Baca Juga:  Makna Dibalik Tulisan Annadhofatu Minal Iman

Artinya: Telah bercerita kepada kami Abu Kuraib dan Musa bin Hizam keduanya berkata, telah bercerita kepada kami Husain bin “Ali dari Za’idah dari Maisarah Al Asyka’iy dari Abu Hazim dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Nasehatilah para wanita karena wanita diciptakan dari tulang rusuk[HR. Bukhari]

Namun yang lebih mencengangkan juga terdapat hadis mengatakan bahwa perempuan bukanlah tercipta dari tulang rusuk laki-laki melainkan perempuan itu seperti tulang rusuk. Hadis ini juga diriwayatkan oleh para Imam kesohor, seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Tirmidzi, Imam Darimi, Imam Thabrani, Ibnu Hibban dan lainnya. Berikut salah satu riwayatnya.

و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي ابْنُ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْمَرْأَةَ كَالضِّلَعِ

Artinya: Dan telah menceritakan kepada kami Harmalah bin Yahya telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab telah menceritakan kepadaku Ibnu Musayyab dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya seorang wanita bagaikan tulang rusuk… [Shahih Muslim]

Baca Juga:  Bukan 25, Ternyata Jumlah Nabi 124.000 dan Rasul 313, Ini Buktinya

Hadis pertama yang mengatakan bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki dianggap ghair wadhih (tidak memiliki makna yang jelas), sementara hadis kedua yang mengatakan perempuan itu seperti tulang rusuk (jika kamu meluruskannnya, niscaya akan patah, jika kamu membiarkannya, maka kamu dapat memanfaatkannya namun tetap bengkok) dianggap wadhih (jelas).

Berdasarkan fakta ilmu pengetahuan juga ternyata tulang rusuk laki-laki sama sekali tidak pernah berkurang.

Oleh karena itu, berdasarkan kaidah dalam ilmu hadis “al waadhih yubayyinu ghair al waadhih”, kalimat yang jelas menjelaskan kalimat yang tidak jelas.

Artinya, cara memahami hadis “perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki” yaitu bahwa “perempuan tercipta sebagaimana sifatnya tulang rusuk”.

Demikian, semoga bermanfaat. Wallaahu a’lam bishshawaab.

Azis Arifin