Cek Fakta: Beredar Kabar Jari Tangan Pria Ini Membusuk Setelah Bakar Alquran

Pecihitam.org – Belum lama ini, pengguna Facebook dengan nama akun Islam Agamaku mengunggah kabar yang menyebut jari tangan seorang pria tiba-tiba menghitam dan membusuk usai membakar Alquran.

Akun Facebook tersebut dalam unggahannya melampirkan sebuah artikel berjudul “Setelah Membakar Al Quran Jari Tangan Pria Ini Menghitam dan Membusuk Mengeluarkan Bau Menjijikkan”. Artikel itu diterbitkan oleh laman isman.kabarmedia.site.

“Azab yang sangat pedih menimpa seorang warga negara Amerika. Karena merobek-robek dan membakar Al-qur’an, dia terkena penyakit yang sangat misteri. Semua jari di kedua tangannya melepuh, membusuk, dan menghitam. Selain itu, pada lukanya tersebut juga menimbulkan aroma yang tak sedap,” demikian tertulis dalam artikel itu.

Baca Juga:  Lewat ATS dan Sampah, GP Ansor Lampung Bantu Kesehatan Warga Way Tuba

Namun, berdasarkan penelusuran fakta seperti dilansir dari Turnbackhoax.id, Rabu, 19 Februari 2020, kabar yang diunggah oleh akun Facebook Islam Agamaku adalah informasi bohong alias hoaks.

Artikel asli dalam pemberitaan tersebut pernah dimuat oleh media internasional, The Guardian, pasa Maret 2018 dengan judul “Oregon man recovering from rare case of the plague”.

Dalam artikel itu, tidak disebutkan bahwa menghitamnya jemari tangan pria tersebut ada hubungannya dengan pembakaran Alquran.

Isi artikel itu membahas tentang seorang pria bernama Paul Gaylord asal Prineville, Oregon, Amerika Serikat, yang jari tangannya menghitam karena mencoba mengambil tikus yang tersangkut di tenggorokan seekor kucing.

Namun, saat hendak mengambil tikus itu, si kucing malah menggigit tangan Paul. Ia pun lantas menembak kucing itu dengan alasan agar tikus tersebut bisa keluar dari tenggorakan si kucing.

Baca Juga:  Viral, Pria Injak Alquran Usai Dituding Mencuri Laptop dan HP Warga

Dua hari usai kejadian tersebut, Paul mengalami demam dan kedinginan hingga sempat kritis.

Saat diperiksa dokter, Paul didiagnosis terkena penyakit pes yang ditularkan dari kucing yang menggigitnya.

Karena penyakit itu, anggota tubuh Paul lama kelaman menghitam dan membusuk dan harus diamputasi.

Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa konten yang diunggah oleh akun Facebook Islam Agamaku adalah informasi tidak benar alias hoaks.