Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi, FPI Protes ke Duta Besar

Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi, FPI Protes Duta Besar

Pecihitam.org – Juru bicara Front Pembela Islam protes terhadap Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Hal ini lantaran Agus menyatakan bahwa Habib Rizieq Shihab dianggap membahayakan keamanan Arab Saudi.

Munarman menilai, Agus tidak menjalankan tugas sebagai duta besar sebagaimana layaknya. Menurut Agus, jika ada Warga Negara Indonesia di luar negeri yang mengalami masalah atau kesusahan, sudah sepatutnya dibantu oleh duta besar.

“Pak Agus ini sangat paham dunia intelijen di Arab Saudi. Penyataan Pak Agus mensyukuri ada musibah terhadap WNI. Tugas dubes kan melindungi WNI yang sedang mendapat masalah dan bukan menyetujui masalah yang dihadapi. Kalau tidak mau bantu tidak usah ngomong,” kata Munarman di Kabar Petang tvOne, Selasa 12 November 2019, dikutip dari Vivanews.

Baca Juga:  Massa yang Geruduk Tabligh Akbar Gus Miftah Bawa Bendera HTI dan FPI

Munarman juga menjelaskan biasanya jika seseorang dari negara lain dianggap mengancam keamanan suatu negara, maka pihak yang berwenang akan mengembalikan ke negara yang bersangkutan. Begitu pula, negara yang bersangkutan akan menempuh upaya hukum.

“Biasanya kalau ada pihak luar (bukan warga negara setempat) yang dianggap mengancam di lokasinya akan mengembalikan orang itu ke negaranya. Kalau dari pihak dalam negeri akan dilakukan tindakan hukum,” tutur Munarman.

Sebelumnya, Agus Miftah Abegebriel mengatakan bahwa pihak intelijen Arab Saudi menganggap Habib Rizieq Shihab membahayakan keamanan negaranya. Di sisi lain, Habib Rizieq disebut tidak pernah melaporkan masalahnya ke Kedubes RI di Arab Saudi.

“Salah satu alasan intelijen Arab Saudi bahwa Habib Rizieq Shihab dianggap membahayakan keamanan. Dia juga tidak pernah melaporkan masalahnya,” ungkap Agus Miftah Abegebriel.

Baca Juga:  Kewalahan Hadapi Serangan Yaman, Arab Saudi Pinjam Rudal Yunani

Sementara itu, keberadaan Habib Rizieq di Arab Saudi hingga saat ini menjadi perhatian banyak orang. Hal ini berkenaan dengan tak kunjung pulangnya Imam Besar FPI itu ke Tanah Air.

Dari pihak Habib Rizieq sendiri mengklaim bahwa dirinya tidak diizinkan keluar atau dicekal oleh pemerintah Indonesia karena alasan keamanan. Habib Rizieq bahkan sempat menunjukkan dokumen yang melarangnya keluar dari Arab Saudi dan masuk ke Indonesia, dalam video yang beredar di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie membantah pemerintah Indonesia melakukan pencekalan terhadap Habib Rizieq.

“Kepada HRS, Kemenkumham secara keinstansian atau lainnya, tidak pernah tangkal HRS masuk ke Indonesia,” kata Ronny dalam keterangan pers, Selasa, 12 November 2019.

Baca Juga:  Menag: Dana Haji 2020 Bisa Diambil Calon Jemaah Jika Batal Berangkat

Meski demikian, Ronny berjanji akan mengomunikasikan dengan pihak imigrasi Arab Saudi sebab kasus ini terkait dengan perlindungan terhadap warga negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *