Hadapi Tentara Turki di Idlib, Militer Suriah Kirim Peralatan Tempur Modern

Pecihitam.org – Sejumlah peralatan perang modern tentara Suriah dikirim ke front-front tempur di provinsi Idlib pada Minggu malam, 1 Maret 2020.

Dilansir oleh Sputnik, lewat Liputan Islam, Senin, 2 Maret 2020, sumber lapangan melaporkan bahwa muatan militer itu telah memasuki selatan dan timur Idlib, untuk digunakan tentara Suriah dalam menghadapi kelompok-kelompok teroris dukungan Turki.

Muatan itu, kata laporan sumber tersebut, mencakup peralatan perang modern yang sesuai dengan kondisi pertempuran di lapangan.

“Saat ini tentara Suriah berusaha mengubah perimbangan perang demi keuntungannya. Terutama setelah sistem pertahanan udara dilibatkan guna menghadapi jet-jet tempur Turki,” demikian dilaporkan sumber tersebut.

Militer Suriah sebelumnya sukses merontokkan empat nirawak Turki di selatan Idlib. Di lain pihak, Turki disebut telah menembak jatuh dua pesawat tempur Suriah.

Baca Juga:  Posting Berita Hoaks Tentang Ansor dan Banser, Eks Anggota DPRD Pasangkayu Dipolisikan

Pada Minggu kemarin, militer Suriah mengumumkan bahwa zona udara di barat laut Suriah dinyatakan sebagai kawasan udara tertutup.

“Dengan demikian, benda terbang apa pun, baik jet atau nirawak, akan dianggap sebagai musuh dan mesti ditembak jatuh,” ujar militer Suriah.

Diketahui, tentara Suriah telah memulai operasi pembebasan provinsi Aleppo dan Idlib sejak 24 Januari lalu. Sejauh ini, mereka telah mendapatkan banyak kemajuan.

Melihat kelompok-kelompok teroris yang didukungnya kalah, Turki segera melibatkan diri untuk menduduki kembali kawasan-kawasan yang telah dibebaskan.

Para pejabat dan tentara Suriah berkali-kali menegaskan, Damaskus tak akan membiarkan sejengkal tanah Suriah diduduki oleh agresor seperti AS dan Turki. 

Muhammad Fahri