Heboh Kabar ACT dan Bukalapak Dukung Pemberontak Suriah, Ini Tanggapan Sekjen Alsyami

Bukalapak

Pecihitam.org – Seorang netizen dengan nama akun Dahono Prasetyo lewat postingannya di media sosial mengungkapkan perselingkuhan Bukalapak dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diduga menyokong donasi ke kelompok pemberontak radikal-teroris di Suriah.

Alhasil, unggahannya itu pun sontak viral dan menjadi perbincangan hangat publik Indonesia saat ini.

Menanggapi fenomena tersebut, Sekjen Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami), M. Najih ArromadIoni mengatakan, isu-isu muslim global seperti Palestina, Rohingya, Xinjiang, dan Suriah, sangat rentan dieksploitasi oleh kelompok-kelompok radikal untuk mengemis donasi digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya.

Najih yang menjadi saksi sejarah konflik Suriah mencontohkan semasa dirinya di Suriah, hampir tidak ada lembaga kemanusiaan dari Indonesia yang benar-benar menyampaikan bantuannya untuk rakyat Suriah.

Baca Juga:  Kiai Said: Islam Harus Dibela dengan Peradaban, Bukan dengan Kerumunan Massa!

“Hanya ada dua lembaga: MER-C dan Dompet Dhuafa,” kata Najih, dikutip dari Arrahmahnews, Kamis, 25 Juli 2019.

Najih juga mengungkapkan, beberapa lembaga di Indonesia nyata-nyata berkolaborasi dengan kelompok teroris yang berperang di Suriah.

“Mereka menggunakan dana kemanusiaan untuk menghancurkan kemanusiaan!” geramnya.

Maka dari itu, dirinya berpesan agar masyarakat mengutamakan donasi untuk tetangga dan lingkungan sekitar terlebih dahulu.

“Jika berlebih, maka harus menyalurkannya melalui lembaga yang punya reputasi moderat, seperti LAZISNU dan LazisMU. Karena jika sampai jatuh ke tangan lembaga radikal seperti ACT dan IHR, maka akan menyuburkan radikalisme dan berarti menghancurkan kemanusiaan itu sendiri,” himbaunya.

Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *