Ini Bahayanya Jika Istri Berperilaku Jahat dan Tidak Patuh Kepada Suami

Jika Istri Berperilaku Jahat dan Tidak Patuh Kepada Suami

Pecihitam.org – Pernikahan adalah ikatan yang fitrah (suci) bagi setiap pasangan suami-istri untuk menuju kehidupan rumah tangga yang diridhai Allah swt. Menjaga hubungan yang baik dalam rumah tangga tidak akan terjalin apabila suami-istri tidak mempunyai rasa saling percaya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Banyak sekali kita lihat pada zaman sekarang ini para istri tidak patuh dan taat lagi kepada suami, bahkan banyak istri yang berperilaku jahat kepada suaminya, baik secara perbuatan atau perkataan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. pernah bersabda:

“Apabila suami memanggil istrinya ke tempat tidur tetapi tidak mau datang, lalu suami tidur dalam keadaan marah kepada istrinya, maka istri tersebut dilaknat oleh semua Malaikat sampai waktu subuh”. (H.R Bukhari dan Muslim).

Sebenarnya, esensi hadis ini adalah bukan hanya saja pada masalah tidak mau tidur dengan suami tetapi apa saja perilaku yang membuat suami sakit hati. Apabila dengan perilakunya membuat suaminya sakit hati maka para malaikat melaknat perempuan itu sepanjang hari itu atau malamnya.

Di antara perilaku jahat istri kepada suami yang membuat suami sakit hati dan bahayanya bagi istri dengan perilaku jahat tersebut adalah:

  1. Apabila suami memanggil istrinya ke tempat tidur tetapi si istri tidak mau datang maka Allah swt dan malaikatNya menglaknati istri tersebut sampai ridha kembali suami kepadanya.
  2. Istri yang keluar rumah dengan tanpa izin suami, maka Allah sangat marah dan murka kepada istri tersebut hingga kembali dia pulang ke rumahnya atau ridha suami kepadanya.
  3. Istri yang keluar dengan memakai wangi-wangian, lalu melewati laki-laki lain dan mereka mencium wanginya maka istri tersebut sama seperti berbuat zina.
  4. Istri yang berkata kepada suaminya, “aku sama sekali tidak pernah melihat kebaikanmu”, maka batallah segala amalan istri tersebut.
  5. Istri meminta cerai kepada suaminya tanpa suatu sebab maka haram baginya mencium bau syurga.
Baca Juga:  Tips Hindari Ghibah dalam Hati Versi Para Ulama

Termasuk juga dalam kategori perilaku jahat seorang istri kepada suami yang membuat suami sakit hati adalah ketika suami berbuat sekali kuburukan (padahal sering berbuat kebaikan) maka istri langsung berkata kepada suaminya: “aku tidak pernah melihat kebaikanmu sekalipun”.

Seperti itulah istri-istri durhaka yang tidak takut kepada Allah swt, hanya melihat keburukan suami saja, namun kebaikan suaminya tidak dihargai sedikitpun. Biasanya istri seperti itu istri yang suka mengatur suami dan selalu menuntut sesuatu kepada suami.

Rasulullah saw bersabda:

“aku melihat di dalam neraka kebanyakan isinya itu para istri di karenakan sebab tidak taat kepada suaminya, dan juga kebanyakan tabaruj artinya istri yang keluar rumah dengan memakai pakaian mewah, berhias dan mempercantikan dirinya yang dapat menimbulkan fitnah bagi manusia”.

Rasulullah saw juga bersabda:

Baca Juga:  Gagal Berangkat Haji, Bisa Lakukan Hal Ini untuk Mendapat Pahala yang Sama

“Segala burung yang berterbangan, ikan di dalam air, Malaikat yang di langit, matahari dan bulan meminta ampun bagi istri yang patuh dan taat kepada suami selama dalam keridhaan suaminya”.

Alangkah bahagianya istri-istri yang patuh dan taat kepada suami, bukan hanya ridha suami dan ridha Allah swt saja yang dia dapat, bahkan segala isi bumi dan langit meminta ampun kepadanya.

Begitu juga sebaliknya, istri-istri yang durhaka kepada suami, berparas cemberut di hadapannya, keluar rumah tanpa izin suami, maka Allah swt, malaikat dan juga manusia sangat murka kepada istri tersebut.

Rasulullah saw bersabda, ada empat golongan istri yang isi neraka:

  1. Istri yang jahat perkataan kepada suami. Ketika suaminya tidak ada di rumah dia tidak pernah memeliharakan dirinya, artinya dia melakukan hal-hal yang di larang dalam agama, seperti keluar rumah tanpa izin suami, tidak menutupi aurat dan lainnya yang dapat menjadikanya durhaka kepada suami. Ketika suaminya pulang ke rumah dia menyakiti suami dengan lidahnya.
  2. Istri yang memberatkan suaminya dengan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh suaminya.
  3. Istri yang tidak menutupi auratnya dari laki-laki lain dan keluar rumah dengan memakai perhiasan mewah yang bermegah-megahan.
  4. Istri yang tidak ada cita-cita, kecuali hanya makan minum dan tidur, tidak gemar mengerjakan shalat, tidak gemar berbuat taat kepada Allah swt dan RasulNya, dan tidak gemar taat dan patuh kepada suaminya.
Baca Juga:  Belajar Mengenal Tuhan dari Nabi Ibrahim Sang Bapak Agama

Inilah beberapa kategori perilaku jahat istri kepada suaminya dan bahaya yang akan dihadapinya. Semoga bermanfaat bagi saya dan semua pembaca. Wallahu a’lam.

Disarikan Dari: Kitab Muhimmah (kitab yang disamping kitab al-Yawaqib wa al-Jawahir), hal. 11-13.

Mehri Andani MB