Inilah 5 Manfaat Menutup Aurat bagi Wanita Muslimah

manfaat menutup aurat bagi wanita

Pecihitam.org – Menutup aurat adalah wajib dalam Islam dan banyak sekali manfaat yang terkandung dari perintah tersebut bagi wanita. Dasar perintah berhijab atau menutup aurat bagi wanita adalah berdasarkan dari firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 59:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

يَاأَيُّهَاالنَّبِيُّ قُلْ لِّأَزْوَجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَبِيْبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُرًا رَحِيْمًا

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istrii orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka! Yang demkian itu supaya mereka lebih mudah dikenali (menjadi identitas), dan karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Ahzab:59)

Maksud dari ayat diatas adalah supaya kaum perempuan muslim lebih bisa dikenali dan menjadi faktor pembeda dari perempuan tidak beriman, agar lebih terjaga kewibawaannya dan juga kehormatannya. Karena ketika perempuan menutup auratnya para lelaki akan segan untuk menggoda.

Berikut adalah manfaat menutup aurat bagi wanita:

1. Terjaga dari Pandangan Laki-laki

Manfaat menutup aurat bagi wanita lainnya yaitu terjaga dari pandangan laki-laki karena tertutupnya aurat tersebut. Sehingga ketika perempuan itu memakai hijab maka dirinya akan lebih terjaga. Seperti yang Nabi SAW sabdakan:

Baca Juga:  Pentingnya Meneladani Sifat Rendah Hati Rasulullah SAW

“Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya. Dan tidaklah ia lebih dekat kepada Allah (ketika shalat) melainkan dalam rumahnya.” (Imam at-Tirmidzii)

2. Terhindar dari Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda;

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَا أَرَاهُمَا بَعْدُ نِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مَائِلَاتٌ مُمِيلَاتٌ عَلَى رُءُوسِهِنَّ مِثْلُ أَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَرَيْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَرِجَالٌ مَعَهُمْ أَسْوَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ

“Ada dua golongan penghuni neraka, yang aku tidak pernah melihat keduanya sebelumnya. Wanita-wanita yang telanjang, berpakaian tipis, dan berlenggak-lenggok, dan kepalanya digelung seperti punuk onta. Mereka tidak akan masuk surga, dan mencium baunya. Dan laki-laki yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia“ [HR. Imam Ahmad].

Beliau SAW kembali bersabda, ” Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat oleh lelaki yang bukan mahramnya. [HR. Bukhari dan Muslim]

Baca Juga:  Batasan Aurat Wanita Saat Shalat Menurut Madzhab Syafii

Dari hadits tersebut dapat kita pahami bahwa wanita yang tidak mau menutupi auratnya akan masuk ke neraka dan di dalam neraka akan disiksa dengan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya. Maka dari itu manfaat perempuan yang menutup aurat akan terhindar dari siksa neraka.

3. Terhindar dari Zina

Manfaat lain menutup aurat bagi wanita yaitu akan terhindar darii perbuatan zina maupun yang mendekati zina. Karena wanita yang menutup auratnya adalah wanita pilihan yang menjaga dirinya dari perbuatan tersebut.

Allah berfirman,

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ إِلَّا عَلَىٰ أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ

“Dan, orang -orang yang memelihara kemaluannya. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak- budak yang mereka miliki. Maka, sungguh mereka dalam hal ini tidak tercela. Barangsiapa mencari yang sebaliknya, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. ( Q.S Al Ma’arij ayat 29-30).

4. Wanita yang Menutupi Aurat akan Dijauhi oleh Setan

Setan juga akan menjauhkan diri dari orang yang menjaga dirinya dengan menutupi auratnya, mereka yang menutup aurat akan terjaga dari tipu daya setan.

Baca Juga:  Toleransi dalam Islam; dari Piagam Madinah Hingga Sikap Umar di Jerussalem

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا ۗ إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

“Wahai anak cucu Adam ! Janganlah kalian tertipu oleh setan ! sebagaimana dia telah mengeluarkan ibu bapak kalian dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya.” (al-A’râf:27).

5. Lebih Sehat

Sedangkan manfaat dari sisi medis, menutup aurat bagi seorang wanita justru akan menjadi lebih sehat. Karena ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker kulit dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik