Jadi Solusi Permodalan Masyarakat, Pesantren Salaf APIK Kauman Luncurkan Bank Wakaf Mikro

Bank Wakaf

Pecihitam.org – Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BMW) APIK Kaliwungu Kendal diresmikan Pesantren Salaf APIK Kauman, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019.

Berlangsung di parkir timur Masjid Besar Al-Muttaqin, Kaliwungu, peresmian ini dilakukan menyusul terbitnya SK Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 012937/BH/M.KUKM.2/IV/2019 pada 1 April 2019 dan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor: KEP-70/KR.03/2018 pada 2 April 2019.

Staf Khusus Presiden Bidang Keagamaan H Abdul Ghofarrozin (Gus Rozin) yang hadir pada peresmian BWM APIK Kaliwungu tersebut mengapresiasi pendirian bank wakaf mikro di Pesantren Salaf APIK.

“Pendirian bank wakaf mikro di Pesantren APIK ini menyusul pendirian-pendirian bank wakaf mikro yang sudah ada di Jawa Tengah,” kata Gus Rozin, dikutip dari situs resmi NU, Jumat, 6 September 2019.

Baca Juga:  Kunjungi Puang Makka, Mahasiswa Papua di Makassar Nyatakan Setia dengan NKRI

“Adapun keberadaan bank wakaf mikro, dapat menjadi solusi dalam menyediakan permodalan bagi masyarakat menengah ke bawah yang selama ini belum tersentuh lembaga keuangan formal,” sambungnya.

Gus Rozin mengungkapkan, bank wakaf mikro ini merupakan ikhtiar bahwa pesantren selain dalam fungsi pendidikan dan pengajaran pada dasarnya mempunyai peran pemberdayaan masyarakat.

“Program bank wakaf mikro dapat menjadi basis perluasan akses pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi umat yang dapat memperkuat penanaman nilai-nilai Islam di masyarakat,” kata Ketua PP Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama ini.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga berharap agar ke depanya peningkatan dan penyebaran pendirian bank wakaf mikro dapat menjangkau pesantren-pesantren yang potensial sebagai penggerak ekonomi masyarakat sekitar pesantren.

Baca Juga:  Harlah ke-94 NU, Ansor Sulsel Gelar Aksi Long March Sejauh 20 Km

Sebagai Staf Khusus Presiden, ia turut menyampaikan bahwa Presiden Jokowi memiliki perhatian kepada pesantren dalam bentuk pengakuan peran pesantren dalam kemerdekaan melalui Hari Santri, peningkatan peran pesantren sebagai pemberdaya masyarakat melalui bank wakaf mikro, dan dalam waktu dekat RUU Pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *