Para Orang Tua, Berbahagialah! Inilah Lima Keutamaan Mempunyai Anak Perempuan

Para Orang Tua, Berbahagialah! Inilah Lima Keutamaan Mempunyai Anak Perempuan

Pecihitam.org – Salah satu tujuan dari merajut rumah tangga adalah ingin segera memiliki keturunan. Sejarah tidak pernah mencatatat, orang yang sudah berkeluarga, namun tidak ingin memiliki keturunan. Kalau pun ada, tentu itu perlu dipertanyakan tujuan ia menikah.

Satu lagi yang perlu kita ingat kembali. Dahulu kala orang yang memiliki anak perempuan di anggap aib, bahkan pada zaman jahiliyah tak jarang orang membunuh bayi perempuannya sesaat setelah lahir.

Maka pada tulisan kami kali ini akan menyajikan untuk pembaca tentang “Keutamaan Mempunyai Anak Perempuan”.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kehadiran anak dalam rumah tangga merupakan nikmat yang sangat besar dari Allah SWT. Hingga terkadang orang akan melakukan berbagi cara agar segera memiliki momongan.

Namun, pada era digital ini, banyak kaum adam yang lebih mendambakan kehadiran anak laki-laki daripada anak perempuan. Sementara kaum hawa ingin sekali memiliki anak perempuan.

Padahal secara logika setiap anak itu sama saja. Bahkan anak perempuan memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan anak laki-laki.

Bahkan Islam secara khusus telah menjelaskan tentang keutamaan mempunyai anak perempuan dan pahala bagi orang tua yang memelihara dan mendidik anak-anak perempuannya.

Berikut keutamaan memiliki anak perempuan.

Pertama, Penghalang Api Neraka
Disebutkan dalam sebuah hadis sebagai yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim tentang kisah Aisyah bersama seorang ibu yang mempunyai dua anak perempuan sebagai berikut:

Baca Juga:  Berhubungan Intim saat Istri Sedang Istihadhah, Bolehkah?

جَاءَتْنِى امْرَأَةٌ وَمَعَهَا ابْنَتَانِ لَهَا فَسَأَلَتْنِى فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِى شَيْئًا غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحِدَةٍ فَأَعْطَيْتُهَا إِيَّاهَا فَأَخَذَتْهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْهَا وَلَمْ تَأْكُلْ مِنْهَا شَيْئًا ثُمَّ قَامَتْ فَخَرَجَتْ وَابْنَتَاهَا فَدَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَحَدَّثْتُهُ حَدِيثَهَا فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- مَنِ ابْتُلِىَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَىْءٍ فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata (artinya). Seorang wanita datang menemuiku dengan membawa dua putrinya sambil meminta. Ia tidak dapati padaku selain sebuah kurma saja. Lalu aku memberikan kurma tersebut kepadanya.

Ia pun membagikannya kepada dua putrinya sedang ia sendiri tidak makan sedikitpun. Kemudian ibu itu bangkit dan keluar. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui kami, dan akupun memberitahukan hal tersebut kepada beliau, maka beliau bersabda,

من ابْتُلِي من هذهِ البناتِ بشيٍء كُنَّ لهُ سِترًا من النار

“Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan, lalu ia berbuat baik kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Berangkat dari hadist di atas, jelas sekali bahwa anak perempuan kelak akan menjadi pelindung bagi orang tuanya dari api neraka.

Kedua, Mendapatkan Syafaat
Berbahagialah bagi orang tua yang mempunyai seorang anak perempuan. Karena kelak di Hari Kiamat ia akan memberikan syafaat.

Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Siapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini. Beliau menggabungkan jari jarinya”. (HR Muslim)

Genggaman Rasulullah menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki dua anak perempuan yang tulus menafkahi dan mendidik semata karena Allah, maka ia akan mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat. Kenikmatan itu merupakan salah satu wujud kasih sayang Allah kepada perempuan.

Baca Juga:  Laki-Laki Menikah Tanpa Restu Orang Tua, Bolehkah?

Ketiga, Menjadi Jalan Menuju Surga
Dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud dinyatakan “Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga”

Hadist diatas memiliki makna bahwa Allah telah menjamin surga bagi orang tua yang memiliki anak perempuan dan memperlakukan putrinya dengan baik serta tidak membeda-bedakan kasih sayangnya dengan anak laki laki.

Ini merupakan salah satu keutamaan yang Allah anugerahkan bagi orang tua yang memiliki anak perempuan. Termasuk ciri-ciri penghuni surga adalah orang tua yang menerima anugrah Allah berupa anak perempuan dengan bahagia dan mendidiknya semata karena Allah.

Keempat, Lebih Dekat Secara Hati dan Perasaan
Keutamaan mempunyai anak perempuan berikutnya adalah anak perempuan memiliki hati yang lebih lembut. Anak perempuan uumnya lebih dekat dengan orang tua terutama ibu, karena karakter perempuan yang hampir sama.

Oleh karena itu, orang tua wajib menjaga dan melindungi anak perempuannya dari jalan atau pergaulan yang salah. Harus dibiasakan dengan ilmu agama sejak kecil, sehingga ketika dewasa ia akan paham tentang ilmu agama dan memiliki kedekatan yang lebih dengan orang tuanya. Karena memang dididik nuraninya untuk menjadi anak yang berbakti.

Baca Juga:  Hukum Hamil Diluar Nikah dan Statusnya Menurut Pandangan KH Bahaudin Nursalim

Kelima, Suka Membantu Orang Tua
Keistimewaan anak perempuan selajutnya adalah sangat suka membantu orang tua, Adapun faktor dari kebiasaan ini karena anak perempuan sejak kecil enggan bermain keluar.

Sehingga dengan demikian, ia lebih suka ada di dalam rumah dan membantu orang tuanya. Kebiasaan baik tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuknya ketika ia sudah dewasa. Ia menjadi lebih mandiri dalam hal apapun.

Demikianlah ulasan tentang keutamaan memiliki anak perempuan. Semoga para pembaca sekalian dapat memetik hikmah dari tulisan ini. Dan semoga orang tua yang ingn memiliki anak perempuan, akan segera dikarunianya. Amin. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG