Barakallahu Lakuma Wa Baraka ‘Alaikuma (Teks Arab, Latin dan Penjelasannya)

Barakallahu Lakuma

Pecihitam.org- Ketika ada saudara, keluarga atau teman yang melangsungkan pernikahan, ucapan Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fi khair merupakan bagian dari doa terbaik yang kita peresembahkan.

Ucapan ini begitu familiar dan nyaris setiap orang hafal serta fasih melafadzkannya. Karena ungkapan ini memang sering dikalimatkan oleh Penghulu saat prosesi akad nikah maupun oleh pembawa acara dalam walimatul ursy atau resepsi pernikahan.

Bahkan, sejak satu dekade terakhir, Maher Zain, seorang penyanyi berkebangsaan Swedia dan berdarah Lebanon pernah mempopulerkan kalimat doa ini dalam sebuah lagu berjudul Barakallah dalam album pertamanya yang bertajuk Thank You Allah.

Ya, begitulah. Sehingga kalimat doa ini menjadi semakin lebih mudah diucapkan, bahkan ditulis melalui pesan instan WhatsApp maupun di lini masa Facebook.

Teks Barakallahu Lakuma

Kalimat doa Barakallahu lakuma wa baraka ‘ailakuma merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk diucapkan saat ada yang melangsungkan pernikahan. Riwayat tentang hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Baca Juga:  Hey, Kamu yang Sering Menghadiri Walimah Tanpa Diundang! Baca Ini, ya

Hanya saja, memang ada sedikit redaksi yang berbeda antara yang tercantum dalam hadis dengan yang umumnya diungkapkan oleh orang-orang. Bedanya terletak pada dlamir. Jika umumnya orang melafadzkan lakuma (لَكُماَ) dan ‘alaikuma (عَلَيْكُماَ), sementara di dalam hadis menggunakan laka (لك) dan ‘alaika (عليك). Walaupun berbeda, namun maksud dan substansinya tetap sama, yakni doa terbaik untuk kedua mempelai.

Teks Arab dan Latin

Berikut teks Arab dan Latin ucapan doa Barakallahu lakuma wa baraka alaikuma

بَارَكَ اللهُ لَكُماَ وَبَارَكَ عَلَيْكُماَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fi khair

Terjemah dan Penjelasan

Dan berikut terjemah dan penjelasan detail dari doa ini. Dengan memahami arti dan maksudnya, semoga kita lebih menghayati ketika melafadzkan doa ini.

Terjemah: Semoga Allah karuniakan barakah pada kalian berdua, dan semoga Ia limpahkan barakah atas kalian berdua, dan semoga Ia himpun kalian berdua dalam kebaikan.

Sedangkan maksud atau makna yang sebenarnya dari doa ini sangat dalam, lebih dari sekadar bahasa terjemahnya. Dan berikut penjelasan ulama tentang makna doa ini

Baca Juga:  Perkawinan Beda Agama dalam Pandangan Islam

بارك الله لك أي كثر لك الخير في هذا الأمر المحتاج إلى الإمداد. وبارك عليكما بنزول الخير والرحمة والرزق والبركة في الذرية. وجمع بينكما في خير أي في طاعة وصحة وعافية وسلامة وملاءمة وحسن معاشرة وتكثير ذرية صالحة

Semoga Allah meberkahimu, maksudnya adalah semoga berlimpah kebaikan bagimu dalam pernikahan ini menuju langgeng. Semoga Allah melimpahkan berkah atas kalian berdua dengan hadirnya kebaikan, kasih sayang, rezeki, keberkahan dan keturunan. Semoga Allah menyatukan kalian berdua dalam kebaikan, maksudnya dalam ketaatan, sehat, selamat, sejahtera, serasi, harmonis dan mendapatkan banyak keturunan yang shaleh-shalehah.

Demikianlah makna dari doa Barakallahu lakuma. Inti doa ini, semoga diberikan kemudahan dan kebaikan dalam pernikahannya, dan semoga pula dianugerahi keharmonisan dan keturuanan, karena salah satu tujuan dari nikah itu adalah sakinah, mawaddah wa rahmah (ketentraman, cinta kasih dan hubungan harmonis) serta mendapatkan keturunan yang shaleh-shalehah.

Baca Juga:  Bagaimana Hukumnya Jika Suami Menceraikan Istri Saat Haid?

Doa Serupa

Selain doa menggunakan Barakallahu lakuma, ada kalimat-kalimat doa lainnya yang diajarkan Nabi dalam rangka mendoakan orang yang sedang melangsungkan pernikahan.

Riwayat Al-Hasan

اللهم بارك لهم وبارك عليهم

Ya Allah, berkahilah mereka dan anugerahkan berkah atas mereka.

Riwayat Uqail bin Ubay

بارك الله لكم وبارك فيكم وبارك عليكم

Semoga Allah memberkahi kalian, membuat kalian berkah dan menganugerhkan berkah atas kalian.

Demikianlah doa Barakallahu lakuma dan doa yang serupa yang bisa kita persembahkan pada orang yang menikah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG