Kiai Said: Lebih Penting Memajukan Peradaban Dibanding Membahas Soal Cadar dan Cingkrang

Said Aqil

Pecihitam.org – Sejumlah kalangan menanggapi polemik ihwal larangan cadar dan celana cingkrang yang diwacanakan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Menanggapi wacana yang sedang heboh di publik tersebut, Ketua umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Kiai Said Aqil Siroj mengatakan, ada hal yang lebih penting dari masalah cadar dan celana cingkrang.

Hal tersebut, kata Kiai Said, adalah bagaimana memikirkan cara memajukan peradaban bangsa dan negara.

“Sebenarnya ada masalah, problem yang lebih penting dari pada itu, dari pada membicarakan masalah (celana) congklang (cingkrang) dan cadar,” kata Kiai Said, dikutip dari Detik, Jumat, 8 November 2019.

Hal itu ia ungkapkan saat ditemui di Pendopo Pemda II, Kompleks Perkantoran Pemda II, Dusun Manding, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Kamis, 7 November 2019, malam.

Menurut Kiai Said, masalah yang lebih besar adalah bagaimana memajukan peradaban dalam rangka membela Islam.

“Di mana hal tersebut bisa dilakukan dengan memajukan pendidikan dan mencerdaskan umat Islam,” terangnya.

“Ya itu (polemik celana cingkrang dan cadar) bolehlah kita bicarakan, tapi ada yang lebih besar ya. Yaitu bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan (ilmu) agama, mulai ibtidaiyah sampai IAIN, sampai UIN, sebenarnya itu yang harus (dilakukan Menag),” sambungnya.

Menurutnya, dalam rangka membela Islam itu yakni dengan memajukan peradaban dan ilmu pengetahuan.

“Karena dalam rangka membela Islam itu dengan memajukan peradaban, memajukan ilmu pengetahuan, memajukan pendidikan dan mencerdaskan umat Islam,” ujar Kiai Said.

“Dan masalah itu masalah kecil menurut saya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *