PCNU Bogor Harap Generasi Muda Jadi Peredam Konflik di Masyarakat

PCNU Bogor

Pecihitam.org – Kader muda NU seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) diharapkan mampu menjadi pelopor peredam konflik di  masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bogor H Ivan Haryanto saat menjadi pemateri Dialog Publik Pengurus Cabang PMII Kota Bogor di Caffe Warung Gumbira, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Agustus 2019.

“Kalangan anak muda memiliki potensi yang kuat meluruskan perselisihan yang kerap terjadi,” ujar Ivan, dikutip dari situs resmi NU, Rabu, 21 Agustus 2019.

“Mahasiswa itu kaum intelektual, sudah saatnya menjadi peredam segala persoalan,” sambungnya.

H Ivan menegaskan, bangsa Indonesia harus patut bersyukur sebab peperangan terjadi hanya sebelum merdeka. Setelah itu, tidak ditemukan peperangan yang memiliki arus besar.

Baca Juga:  Deklarasi Papua Damai, Ini 5 Pernyataan Sikap PBNU

Selama 74 tahun tidak ditemukan perpecahan yang berdampak pada hancurnya keutuhan NKRI,” ungkapnya.

“Saat ini telah melewati 74 tahun Indonesia merdeka. Kita bersyukur Indonesia merdeka dengan tidak disuguhkan dengan peperangan-peperangan yang besar,” tambahnya.

Dirinya berharap seluruh anak bangsa ikut serta meneruskan apa yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa.

“ Apalagi kader NU yang memiliki peran besar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terangnya.

Harapan secara umum rakyat Indonesia, kata dia, adalah menuruskan apa yang sudah menjadi cita-cita pendiri bangsa, karena mempertahankan lebih sulit daripada merebut kemerdekaan.

“Kota Bogor merupakan kota yang sangat unik yang pada mulanya penduduk kota Bogor hanya berjumlah sekitar 20 ribu namun sekarang sudah mencapai 6jt penduduk,” ujarnya.

Baca Juga:  Wujud Toleransi Antar Umat Beragama, Paduan Suara Gereja Nyanyikan Shalawat Badar

Menurut Ivan, potensi munculnya perselisihan di Kota Bogor semakin besar. Sebab, penduduknya semakin meningkat.

Dengan begitu, lanjutnya, menjadi tantangan semua elemen terutama kader muda NU agar Kota Bogor tetap menjadi daerah yang toleran, aman dan damai.

Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.