Pengajian Ustaz Farhan di Aceh Dibubarkan, Massa Pembubar Teriak ‘Kalian Wahabi’

Pecihitam.orgPeristiwa pembubaran pengajian di Aceh yang diisi oleh Ustaz Farhan Abu Furaihan oleh selompok massa membuat heboh warga Aceh.

Kejadian tersebut diketahui terjadi saat Ustaz Farhan membawakan pengajian itu di Masjid Al-Makmur Lampriet (Masjid Oman), Kota Banda Aceh, Aceh pada Senin, 27 Januari 2020, malam.

Dalam aksi pembubaran tersebut, pengurus masjid terlibat saling dorong dengan sekelompok massa itu.

Menurut kronologi yang beredar, ketika itu pengajian yang dibawakan ustax Farhan baru saja berlangsung. Namun, sekelompok massa tiba-tiba memasuki masjid dan meminta agar pengajian itu tak diteruskan.

Dilansir dari Tagar, Rabu, 29 Januari 2020, saat peristiwa itu terjadi di tengah kerumunan massa, terdengar ada teriakan seperti “kalian wahabi”, “kalian sesat”, dan sebagainya.

Baca Juga:  Instruksi PBNU: Pererat Persaudaraan Dengan Saudara-saudara Papua

Beberapa saat kemudian aksi saling dorong terjadi antar kedua belah pihak. Kericuhan tersebut berhasil dilerai jelang salat Isya oleh aparat kepolisian, TNI, pengurus masjid dan beberapa ulama yang hadir di lokasi kejadian.

Kondisi berangsur kondusif saat waktu salat Usya telah tiba. Mereka yang didominasi jemaah kajian Ustaz Farhan melaksanakan ibadah dengan khidmat. Sementara sekelompok massa bergeser posisi ke belakang para jemaah.

Setelah itu, giliran kelompok massa tersebut melangsungkan salat secara berjamaah yang dipimpin oleh Teungku Umar Rafsanjani. Secara umum, tata pelaksanaan ibadah kedua kelompok tersebut sama saja.

Namun, yang membedakannya adalah kelompok massa tersebut membaca zikir saat salat sudah selesai. Sementara jemaah kajian Ustaz Farhan tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga:  Pasukan Suriah Berhasil Rebut Sebagian Besar Wilayah Aleppo dari Kawanan Teroris

Hingga saat ini, belum diketahui pasti alasan dari sekelompok massa itu membubarkan pengajian Ustaz Farhan.

Muhammad Fahri