Penjelasan Ilmiah Tentang Hadits Nabi Bahwa Ayam Bisa Melihat Malaikat

ayam melihat malaikat

Pecihitam.org – Ayam adalah salah satu hewan unggas penghasil daging yang paling populer. Bahkan dalam setiap kesempatan, hidangan berbahan dasar daging ayam sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain rasanya yang memang enak daging ayam juga mengandung protein yang tinggi.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Rasulullah SAW pernah memiliki kesan tersendiri terhadap hewan ayam ini. Dalam sebuah sabdanya Nabi SAW mengungkapkan bahwa ayam adalah hewan yang bisa mengetahui kedatangan malaikat.

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” ( HR Bukhari dan Muslim).

Awalnya sabda ini mungkin hanya dianggap sebagai kelebihan dan mukjizat ilmu yang dimiliki Nabi SAW yang dianugerahkan oleh Allah SWT. Namun ternyata sabda Rasulullah SAW ini dibuktikan secara ilmiah oleh para ilmuwan abad ini.

Pada tahun 2010 sebuah penelitian dalam jurnal Public Library of Science ONE, menemukan bukti bahwa ayam mempunyai kerucut retina tambahan pada matanya dibandingkan dengan manusia. Hal ini memungkinkan ayam untuk membedakan warna tambahan.

Baca Juga:  Hewan Ini Pernah Bersaksi Bahwa Muhammad Saw adalah Rasul Utusan Allah

Dipimpin oleh Joseph Corbo, para ilmuwan dari Washington University di St Louis menyatakan, kemampuan untuk melihat warna berasal dari sel cahaya-sensing khusus yang ditemukan di retina. Sel-sel ini, disebut kerucut, datang dalam berbagai rasa, yang masing-masing dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Kerucut yang dimiliki manusia ada tiga jenis, hal ini yang memungkinkan kita untuk melihat warna merah, hijau dan biru. Namun ayam mempunyai kerucut ekstra (tambahan) untuk melihat sinar violet dan ultraviolet.

Terlebih lagi, kerucut ayam ini terdapat menyeluruh dan merata di pada retina, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk melihat warna di seluruh bidang visual.

Menurut penulis studi Dr Joseph C. Corbo of Washington University School of Medicine di St Louis mengatakan. “Dari penelitian dan analisis ini, Warna di retina ayam sangat melebihi yang terlihat di sebagian besar retina lain dan tentu saja bahwa dalam kebanyakan retina mamalia,”

Baca Juga:  Cara Menghadapi Orang yang Sakaratul Maut dalam Islam

Nah dari sini akhirnya kita ketahui bahwa fakta sains ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa ayam dapat melihat malaikat. Pasalnya malaikat merupakan mahkluk Allah yang memang diciptakan dari cahaya.

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam … (HR Abu Daud dan At Tirmidzi)

Hal ini juga menerangkan kepada kita mengapa setan melarikan diri ketika disebutkan nama Allah. Ini disebabkan ketika disutau temmpat yang disebut nama Allah para malaikat datang ke tempat itu, sehingga setan pun melarikan diri.

Setan sangat terganggu jika melihat cahaya malaikat, atau dengan kata lain, dalam bahasa ilmiah ibarat jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di satu tempat, maka sinar merah-lah yang memudar.

Dan tahukah kamu mengapa ayam berkokok ketika waktu fajar tiba? Selain karena memang ayam melihat sinar matahari terbit namun ketika fajar belum menyingsing bukan karena mataharinya.

Baca Juga:  Memahami Arti Islam Kaffah Secara Benar, Biar Ndak Salah Kaprah Kayak 'HTI'

Melainkan setiap hari para ayam melihat cahaya yang terpancar dari para malaikat-malaikat Allah yang datang membagikan rezeki dari Allah untuk semua makhluk-Nya. Maka itulah mengapa kita dianjurkan untuk bagun pagi menunaikan shalat fajar dan jangan sampai terlewat shalat subuh.

Bagi mereka yang melakukan penelitian ini mungkin tak pernah tahu bahwa Nabi Muhammad SAW ternyata pernah bersabda bahwa ayam bisa melihat malaikat.

Namun setidaknya terimakasih karena dari hasil penelitian itu semakin memperkuat kebenaran akan ayat-ayat Allah SWT dan Sabda Nabi SAW. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik