Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

peristiwa di bulan rajab

Pecihitam.org – Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dalam tahun Hijriyah dan merupakan salah satu bulan Haram (terhormat) yang memiliki penuh kemuliaan. Ada beberapa peristiwa penting bagi umat islam yang terjadi di bulan Rajab yang antara lain adalah sebagai berikut:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

1. Hijrah Pertama Kali Rasulullah Saw ke Habasyah

Di bulan Rajab inilah Nabi Muhammad Saw melakukan hijrah yang pertama kali ke Habasyah pada tahun-tahun pertama Bi’tsah ( di utusnya Nabi Muhammad Saw sebagi Nabi dan Rasul). Atas perintah Nabi Muhammad Saw tersebut, rombongan kaum muslimin melakukan perjalanan ke Habasyah (Etopia).

Hijrah yang pertama kalinya ini merupakan langkah yang di lakukan oleh Rasulullah Saw bersama kaum muslimin untuk menyelamatkan diri dari segala bentuk penindasan yang di lakukan oleh kaum kafir Qurays. Selama berada di Habasyah, ada beberapa kaum muslimin yang meninggal dunia yaitu seperti Amr bin Ummayah, Hathib bin Harits, Musa bin Harits dan Urwah bin Abdul Uzza. .

2. Peristiwa Isra’ Mi’raj

Baca Juga:  Pengaruh Kebudayaan Champa Terhadap Islam di Nusantara (Bagian 1)

Pada tanggal 27 Rajab tahun 620 M, tepat pada tahun ke 10 kenabian terjadi peristiwa Isra’ mi’raj yaitu proses perjalanan luar biasa yang di alami oleh Rasulullah Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian naik ke Sidratul Muntaha bersama malaikat Jibril.

Perjalanan tersebut menggunakan kendaraan yang di sebut dengan buroq dan di tempuh hanya dalam waktu kurang dari satu malam. Dari peristiwa Isra’ Mi’raj inilah kemudian Rasulullah Saw menerima perintah Shalat lima waktu langsung dari Allah Swt.

3. Perang Tabuk

Perang Tabuk antara kaum muslimin dan pasukan Romawi terjadi pada bulan Rajab tahun 9 H/ 630 M. saat itu, pasukan dari kaum muslimin sebanyak kurang lebih 30 ribu orang dan di pimpin langsung oleh Rasulullah Saw.

Namun, kaum muslimin harus melakukan perjalanan yang sangat jauh yaitu dari Madinah sampai dengan Syam. Setelah para tentara Romawi mengetahui jumlah dan kekuatan dari pasukan muslim maka mereka memutuskan untuk kembali ke Syam dan menyelamatkan benteng-benteng pertahanan.

Baca Juga:  4 Etika Berteman dalam Islam Menurut Imam Al Ghazali

Karena banyaknya pasukan dari bangsa Romawi yang memilih mundur dari perang, maka keadaan ini tentu sangat menguntungkan pihak kaum muslimin sehingga memudahkan penaklukkan Tabuk tanpa adanya perlawanan. Dan akhirnya perang Tabuk berhasil di menangkan oleh pasukan Kaum Muslimin.

Rasulullah Saw bersama pasukan muslim menetap di kota Syam selama hampir sebulan, kemudian beliau mengirimkan surat kepada para pemimpin gubernur yang saat itu berada di bawah kekuasaan Romawi agar melakukan sebuah perjanjian perdamaian. Hal ini pun di setujui oleh pemimpin daerah Romawi dan merekapun melakukan perdamaian serta membayar Jizyah terhadap kaum muslimin.

4. Pembebasan Baitul Maqdis di Palestina

Setelah Salahuddin al-Ayyubi menjadi Sultan Mesir, ia berhasil mempersatukan antara Mesir dan Suriah lalu ia melancarkan aksinya untuk mengepung seluruh kerajaaan tentara salib. Sementara itu aliansi dengan Bizantium berakhir setelah Kaisar Manuel I meninggal dunia pada tahun 1180 M. kesempatan ini di gunakan oleh Salahuddin al-Ayyubi untuk menyerang dan merebut Yarussalem.

Baca Juga:  Syawalan: Tradisi Unik Setelah Idul Fitri yang Hanya Ada di Nusantara

Pada tanggal 2 oktober tahun 1187 M / 27 Rajab 583 H, Salahuddin Al-Ayyubi melakukan penaklukkan atas tanah suci yang telah berpuluh-puluh tahun di kuasai oleh tentara salib. Atas izin Allah Swt, akhirnya Salahuddin Al-Ayyubi beserta pasukan muslim dapat mendapatkan kembali kota suci, Baitul Maqdis.

Demikianlah beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab sebagai bulan terhormat dan penuh kemuliaan bagi umat muslim. Semoga semakin menambah khazanah keilmuan dan menguatkan keimanan kita bersama. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik