PW GP Ansor Kalimantan Barat Baiat 50 Peserta Diklatsus Balakar

Ansor Kalbar Baiat 50 Peserta Diklatsus Balakar

Pecihitam.org, Pontianak – Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Kalimantan Barat membaiat 50 peserta Pendidikan dan Pelatihan Khusus Banser Penanggulangan Kebakaran (Diklasus Balakar), Ahad (01/09/2019)

Diklatsus yang diadakan atas kerja sama PW GP Ansor Kalbar dengan Yayasan Panca Bhakti, yayasan pemadam kebakaran terkemuka di Kalbar ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Husna, Kota Pontianak.

“Ini berkat kerja sama dengan Yayasan Panca Bhakti. Kegiatan selama tiga hari. Mulai hari Jumat hingga hari ini”, keterangan Muhammad Nurdin, Ketua PW GP Ansor Kalbar.

Tentang tujuan dari diklasus ini, ia menjelaskan untuk membentuk kader Balakar (Banser Penanggulangan Kebakaran) yang siap menanggulangi bencana kebakaran sesuai daerah satuan masing-masing.

“Untuk membentuk kader yang siap menanggulangi kebakaran. Kader Balakar ini (50 peserta yang baru dibaiat) untuk saat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia”, tegasnya.

Sementara itu, Abah Tohidin selaku Kasatkorwil Kalbar berharap agar kader Balakar selalu siap jika sewaktu-sewaktu ada musibah kebakaran mengingat Kalbar didominasi tekstur tanah gambut yang memang rentan kebakaran.

“Kader Balakar harus selalu siap sedia untuk membantu dan bekerjasama dengan masyarakat apabila terjadi musibah kebakaran sesuai dengan daerah satuan masing-masing tanpa pamrih dan tanpa memandang suku, agama atau ras apapun. Karena kemanusiaan di atas segalanya. Tanpa pandang ini, itu”, tegasnya.


Diklatsus ini diikuti oleh Satkorwil Kalbar, Satkorcab Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Satkoryon Kecamatan Pontianak Utara, Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Rasau Jaya serta dihadiri oleh segenap jajaran PW Kalbar, PC Kota Pontianak, Kubu Raya dan Mempawah.

Baca Juga:  Tolak NKRI Syariah, Gus Solah: Syariat Islam di Indonesia Jalan Tanpa Istilah Itu!
Faisol Abdurrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published.