Sambut 1 Muharram, Warga Pasak Piang Adakan Istighatsah

warga pasak piang sambut 1 muharram

Pecihitam.org – Warga Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya menghidupkan malam 1 Muharram dengan melakukan istighatsah, shalat hajat dan membaca Shalawat Nariyah bertempat di Mushalla Al-Husainy (31/08).

Saat memulai, Ustadz Ahmad Nawawi menyampaikan semoga dengan istighatsah yang dilakukan menjadikan diri dan negeri tentram serta damai.

“Kita memohon pertolongan kepada Allah semoga dengan wirid istighatsah yang kita baca, diri kita, keluarga dan bangsa ini senantiasa Allah anugerahkan kedamaian, lebih-lebih akhir-akhir ini negeri kita sedang dihadapkan dengan tidak sedikit masalah, seperti yang terjadi di Papua. Semoga Indonesia tetap aman tenteram”.

Pembacaan istighatsah dimulai sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah selesai warga yang notabene merupakan jamaah Asmaul Haq Al-Arfiyah ini istirahat sejenak. Saat masuk pertengahan malam, dilanjutkan dengan shalat dhuha dan mengkhatamkan Shalawat Nariyah 4444 kali.

Baca Juga:  FPI Sebut Rizieq Tak Ajak Warga Berkumpul, Najwa Shihab Tayangkan Bukti Video

Di tempat yang sama, Ustadz Mustari selaku pengurus Mushalla Al-Husainy menuturkan bahwa menghidupkan malam 1 Muharram dengan wirid istighatsah-an sudah berjalan sejak 8 tahun yang lalu.

“Ini sudah kami istiqamahkan sejak 8 tahun lalu”, tuturnya.

Ditambahkannya bahwa selain pada malam 1 Muharram, istighatsah semacam ini juga dilakukan tiga kali dalam seminggu.

“Malam Kamis diadakan di mushalla ini yang diikuti oleh beberapa alumni pesantren yang juga diisi dengan pembacaan kitab Ta’limul Muta’allim. Malam Jumat dilaksanakan di masjid yang diikuti oleh warga umum yang juga diisi dengan pengajian materi Fiqh. Malam Sabtu diadakan pindah-pindah dari rumah jamaah ke jamaah yang lain”, terangnya.

Faisol Abdurrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published.