Satu Peserta Jemaah Tabligh di Kulonprogo Positif Corona

Pecihitam.org – Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kulonprogo meningkat selama dua hari berturut-turut. Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kulonprogo mencapai tujuh orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kulonprogo Baning Rahayujati menyampaikan penambahan kasus tersebut satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif setelah menjalani tes swab.

“Kasus positif Kulonprogo ke-7 (KP-7) merupakan pria berusia 49 tahun asal Kapanewon Sentolo,” ujar Baning, dikutip dari Harianjogja.com, Sabtu, 9 Mei 2020.

Baning menjelaskan pasien KP-7 adalah salah satu peserta Jemaah Tabligh Jakarta pada pertengahan Maret 2020.

“Dia (pasien KP-7) bersama dua rekan lainnya dari Kulonprogo dan keluarganya telah menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) pertama dengan hasil non-reaktif,” ujarnya.

Baca Juga:  Tak Peduli PSBB, Tiga Jemaah Masjid di Makassar Positif Corona

Tracing (penyelidikan epidemiologi), kata Baning, masih dilanjutkan kepada satu anggota yang masih berada di pondok dan dari hasil RDT dinyatakan reaktif.

“Rencananya orang tersebut juga akan dirujuk ke RSUD Wates untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Baning.

“Tracing juga dilakukan kepada keluarga dan orang kontak erat kasus positif KP-6,” sambungnya.

Lanjut Baning, tracing juga ditelusuri kepada masyarakat yang sempat mengunjungi supermarket IG untuk dilakukan skrining terhadap risiko tertular.

Pihaknya pun mengimbau untuk yang orang berisiko tinggi untuk melakukan rapid test di Dinkes Sleman.

“Sementara itu untuk orang yang melakukan kontak dengan orang yang sempat pergi ke IG diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah, baik yang sudah tes maupun yang belum tes,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Komentar Sang Motivator Islam Ippho santosa Tentang Maulid Nabi
Muhammad Fahri