Senantiasa Peduli Kemanusiaan, Satkornas Banser Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jakarta

Banser

Pecihitam.org – Sebagai bentuk pernyataan kepedulian organisasi Pemuda Nahdlatul Ulama (NU) terhadap kemanusiaan, Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni memimpin penyerahan bantuan bagi korban banjir di Jakarta dan Banten, Sabtu, 4 Januari 2020.

Alfa mengatakan, sejak bencana banjir tiba, kader Ansor dan Banser telah diturunkan untuk membantu korban banjir. Tidak hanya di Jakarta, namun juga di Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Diiketahui, bencana banjir membuka pergantian tahun 2020. Untuk wilayah Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut 62 ribu lebih warga mengungsi dan tersebar di beberapa 302 titik pengungsian.

“Hingga kini kader Ansor dan Banser masih masif turun tangan membantu persoalan kemanusiaan. Hal tersebut merupakan puncak khidmah untuk organisasi sebagaimana disampaikan Gus Yaqut, selaku Ketua Umum PP GP Ansor sekaligus Panglima Tertinggi Banser,”katar Alfa, dikutip dari situs resmi NU, Sabtu, 4 Januari 2020.

Baca Juga:  Menag Wajibkan Rumah Ibadah Punya Surat Bebas Covid-19 di Masa New Normal

Alfa mengungkapkan, Gus Yaqut mengapresiasi militansi kader turun tangan membantu persoalan kemanusiaan. Terlebih, modal gerak yang dilakukan Ansor dan Banser ialah kasih sayang terhadap sesama. 

“Sejak kemarin hingga hari ini, kami bersama sahabat-sahabat dari PW GP Ansor DKI dan Banser Siaga Bencana atau Bagana menyalurkan distribusi logistik bagi warga terdampak bencana banjir,” ujarnya.

“Logistik disalurkan Satkornas Banser melalui sejumlah Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor. Antara lain, PC GP Ansor Jakarta Utara, Jakarta Selatan,  Jakarta Timur, Jakarta Barat,” sambungnya,

Penyerahan bantuan tersebut, kata Alfa, meliputi puluhan kardus mie instan, air mineral, biskuit, seragam sekolah bagi anak-anak dan popok bagi balita.

Sementara itu, Kepala Satuan Khusus Bagana Chabibullah menambahkan, Satkornas Banser juga membantu dana operasional bagi sejumlah posko didirikan kader sejak 1 Januari 2020 hingga hari ini.

Baca Juga:  BNPT: UIN Wali Songo Harus Bersih dari Paham Terorisme!

“Posko GP Ansor Jakarta Barat berada di Mushola Al-Hidayah. Jalan Lingkungan 03 RT.03 RW 03 Kelurahan Tegal Alur, Kalideres. Koordinator Posko Alfa Riyadi, HP 089689069137,” ujar Chabibullah.

“Fungsi posko saat ini ialah sebagai layanan dapur umum untuk 110 jiwa warga RT 03 dan 101 jiwa warga RT 05 yang mengungsi di Rusun Tegal Alur,” lanjutnya.

Sementara fungsi posko lainnya, kata dia, ialah layanan penerimaan logistik, yang selama ini diterima dari para penyumbang lintas organisasi dan lintas umat beragama. Kemudian menjadi tempat pengungsian untuk warga yang tempat tinggalnya tidak bisa dihuni.

“Lantas mengasistensi terbentuknya Posko dan dapur umum di Rusun Tegal Alur. Adapun untuk layanan kesehatan diback penuh oleh Puskesmas Kalideres. Semua Posko didirikan berfungsi semacam itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Sempat Tuntun Istri Syahadat Saat Sakratul Maut, Kiai NU Idrus Wafat Sejam Setelahnya
Muhammad Fahri