Serang Dilanda Kemarau, NU Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga

NU Pontang

Pecihitam.org – Kabupaten Serang khususnya di Kecamatan Pontang saat ini tengah dilanda musim kemarau panjang. Alhasil, banyak warga yang mengalami kesusahan akan air bersih.

Menyikapi kondisi yang dialami warga, Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Pontang lewat program ‘NU Berbagi’, mengirim kendaraan pengangkut air bersih ke lokasi terdampak kemarau.

“Warga di Kecamatan Pontang terutama di kampung Kademangan Desa Sukajaya dan Kampung Begog Pasar di Desa Singarajan sudah darurat air bersih,” kata Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pontang KH Nabhani, dikutip dari situs resmi NU, Rabu, 4 September 2019.

KH Nabhani mengemukakan bahwa akibat kemarau panjang, masyarakat sekitar sampai harus membeli air bersih galonan untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga:  Bertambah, Jumlah Warga Positif Corona Klaster Temboro Magetan Jadi 14 Orang

“Saat ini kawasan Serang memasuki kemarau dan melanda beberapa daerah di wilayah Provinsi Banten,” ujarnya.

“Ini juga yang menggerakkan MWCNU Pontang melakukan kerja sama dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten. Yang dilakukan adalah dengan mendistribusikan air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Pontang,” jelasnya.

 Kegiatan sosial PCNU Pontang dilaksanakan di Kampung Kademangan, Desa Sukajaya, Kampung Begog Pasar Desa Singarajan dan Kampung Pontang Kecamatan Pontang.

“Dampak musim kemarau saat ini sangat dirasakan warga wilayah Pontang dan sekitarnya. Maka dari itu, kami bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten mendistribusikan empat  mobil dengan kapasitas 20.000 liter air bersih di tiga titik kampung dengan target bisa meringankan kesulitan warga,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Rancang Aturan Larangan Penyebaran Paham Khilafah

Ketua Rukun Tetangga (RT) Kampung Begog Pasar, Yani, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian dari NU Pontang kepada warganya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Nahdlatul Ulama dan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten yang dengan aksi sosial ‘NU Berbagi’ untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga,” ujar Yani.

Bagi warga setempat, kata Yani, air bersih merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

“Atas nama warga kami mengucapkan terima kasih atas bantuan air bersih dari Nahdlatul Ulama dan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten, Bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga yang mengalami kesulitan air untuk dikonsumsi, MCK dan juga berwudhu,” pungkasnya.

Baca Juga:  Demi Derajat Organisasi, Anggota Banser Diminta Tingkatkan Profesionalitas
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.