Tak Lama Lagi Negeri Ini Akan Berwajah Lain, Ini Transformasi Besar Arab Saudi

Ini Transformasi Besar Arab Saudi

Pecihitam.org – Tidak lama lagi, negeri pusat Islam ini, Arab Saudi, akan berwajah lain. Itu terkait pencanangan proyek ambisius senilai 380 miliar dolar AS, akhir Oktober lalu, oleh Pangeran Muhammad bin Salman, sebagai implementasi Visi Saudi 2030 yang dideklarasikan pada 2015 oleh Raja Salman.

Visi yang dilekatkan untuk proyek ini, ‘’Arab Saudi, jantung Arab dan Islam, pusat investasi yang menghubungkan tiga benua.’’ Pada kesempatan itu, Sang Pangeran juga menyatakan, Saudi akan kembali ke masa lalu Islam moderat.

Negara akan segera melenyapkan sisa radikalisme dan menjamin kaum muda hidup harmoni dengan warga seluruh dunia. Lebih jauh ditegaskan, “Kami mewakili prinsip dan ajaran Islam yang moderat.”

Apakah dua peristiwa itu saling berhubungan karena yang satu mensyaratkan yang lain atau sebagai hal terpisah, dan diarahkan semata pada aspek politik? Tulisan ini akan mencoba menjawabnya.

NEOM

Proyek ambisius itu, diberi nama NEOM atau mustaqbal, artinya ‘masa depan’, adalah berupa zona ekonomi modern. Proyek tersebut terletak di kawasan yang jauh, yaitu di pantai Laut Merah di bagian utara negara itu, dekat Sharm El Sheikh (Mesir) dan Teluk Aqaba, Yordania.

Dari segi geo-ekonomi kawasan NEOM sangat strategis. Di situ akan menjadi titik pertemuan ekonomi yang sangat dinamis antara Saudi, Mesir, dan Yordania, yang simpul aktivitas bisnisnya akan menjangkau tiga benua, sehingga wajar ambisinya lebih raksasa dari Dubai.

NEOM juga diarahkan menjadi pusat turisme. Ini akan membawa dinamikannya sendiri dan secara ekonomi sangat menjanjikan karena NEOM terletak di antara berbagai daerah tujuan wisata yang sangat eksotik, seperti Sham El-Sheikh, Kota Aqaba, dan Petra di Yordania.

Baca Juga:  Mengejutkan! Syaikh Utsaimin Menyatakan Al Bani Bukan Ahli Hadits

Pemerintah Saudi juga akan mengembangkan secara besar-besaran kawasan wisata Madain Saleh, terletak sekitar 350 km sebelah utara Madinah. Seperti diketahui, Madain Saleh dan Petra adalah kota pada masa Nabi Saleh AS dan Nabi Suaib AS yang disebut di dalam Alquran.

Situs ini akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan Muslim, yang pada akhir dekade ini pada skala global tumbuh pesat. Mungkinkah proyek itu berhasil? Jawabannya tentu bisa beragam. Penulis optimistis dengan sejumlah alasan. Namun bukan itu soalnya.

Bagi Saudi, proyek ambisius tersebut akan menjadi titik awal menuju reformasi dan transformasi nasional besar-besaran. Saudi akan menjadi negara industri besar. Tentu ini membawa konsekuensi luar biasa, sebab sisi-sisi kehidupan sekuler akan tumbuh dan berkembang sebagai kemestian sosiologis yang secara nalar sulit dihindarkan.

Islam moderat

Pernyataan Pangeran ‘kembali ke masa lalu Islam Moderat’ seperti disebutkan di atas, dengan demikian mudah dihubungkan dengan tuntutan sosiologis tersebut. Namun, logika linear itu tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Apalagi Wahabisme itu, aliran keagamaan resmi kerajaan Saudi, pada dasarnya moderat, di dalam sifat puritanismenya bahkan banyak mengandung sisi pragmatisme Arab. Kita sering memandang gebyah uyah podo asini (menyamaratakan) terhadap wajah Wahabisme.

Wahabisme atau sering pula disebut Salafi, setidaknya berkembang menjadi tiga, yakni Washatiyah, Sururi, dan Jihadi. Yang pertama adalah aliran resmi kerajaan Saudi, bersifat moderat, dan merupakan akar awal Wahabisme.

Baca Juga:  Makan di Warung Tanpa Dikawal, Netizen Puji Gaya Hidup Sederhana Kyai Said Aqil

Sururi adalah Salafi politik, sedangkan Jihadi berorientasi pada teror (terorisme). Keduanya merupakan ajaran radikal dan terlarang di negara tersebut.

Sikap moderat Wahabi (resmi) banyak ditunjukkan dalam bidang furu’, selain bidang-bidang lain, termasuk politik yang selalu bertindak fleksibel, baik dalam maupun luar negeri. Kita dapat menyebut soal pelonggaran aktivitas perempuan di ruang publik sebagai contoh.

Sekolah untuk kaum hawa sudah di buka sejak tahun 1954. Sejak itu kebijakan-kebijakan pelonggaran terus dilakukan secara gradual. Pada 2012 jumlah anggota parlemen (Majelis Syuro) dari kalangan perempuan bahkan mencapai 33 orang dari 150 anggotanya.

Demikian pula, mengenai tidak adanya lagi larangan perempuan mengendarai mobil dan menonton pertandingan sepak bola. Jadi aspek-aspek ini tidak ada hubungan dengan NEOM, sebagaimana disimpulkan sebagian orang.

‘Kembali ke masa lalu Islam moderat’ juga tidak bisa disimpulkan Sang Pangeran sedang melakukan liberalisasi. Wahabisme punya penjaga, yakni golongan ulama Al-Sheihk.

Seperti diketahui, sistem politik di negeri ini dikendalikan dua pusat otoritas: Raja dan Ahlul-Sheikh. Raja memegang otoritas politik dan pemerintahan, sedangkan Ahlul-Sheikh (keturunan keluarga ibn Abdul Wahab, pendiri Wahabisme) otoritas pengadilan dan keagamaan.

Hubungan keduanya bersifat simbiosis-mutualis. Inilah yang menjadi alasan penulis menyatakan proyek NEOM akan berhasil. Jadi, melalui institusi Ahlul-Sheikh, sekularisasi dan liberalisasi tidak akan pernah terjadi.

NEOM tidak akan berubah menjadi Las Vegas, Berlin, New Orleans, atau Makau, yang syarat nuansa hedonis. Sebaliknya, akan menjadi kawasan industri modern di pusat Islam, yang tentu dengan nuansanya sendiri yang unik, Wahabisme.

Baca Juga:  Denny Siregar: Pengikut Habib Rizieq Gerombolan Orang Bodoh Gila Agama

Karena sikap politik fleksibel, Saudi bukan hanya menjadi tempat kiprah Sururi dan Jihadi, melainkan juga sejumlah kelompok fundamentalis lainnya.

Kenyataan demikian dapat menjadi sumber petaka: masyarakat tidak sehat karena dipenuhi prasangka, korupsi, intoleransi, dan tumbuhnya sikap tidak realistis.

Jadi, penangkapan sejumlah pangeran, mantan menteri dan pengusaha beberapa hari lalu, serta sejumlah ulama sebelumnya, bisa dilihat dari konteks ini, tidak direduksi sekadar persaingan antara kelompok Jilwa versus Sudayri, di mana Pangeran Salman berada, sebagaimana dikatakan beberapa pengamat.

Fakta tersebut adalah sebuah faktor, bahwa untuk melakukan transforamsi dan reformasi nasional, yang digagas dalam Visi Saudi 2030 dan NEOM, ternyata masalahnya bersumber dari sesuatu yang lebih dalam, yaitu masyarakat yang secara politik tidak lagi sehat.

Dengan demikian, ‘kembali ke masa lalu Islam moderat’ merupakan nilai kesadaran yang ditanamkan agar transformasi dan reformasi berlangsung efektif. Juga jawaban terhadap perubahan dan tuntutan generasi baru Saudi yang kian terpelajar, dengan wawasan globalnya, yang kini terus tumbuh dan menguat di negeri ini.

Oleh: As’ad Said Ali, Mantan Wakil Kepala BIN, Mantan Wakil Ketua Umum PBNU

Source: republika.co.id

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *