VIDEO Strategi Anwar Abubakar Atasi Konflik di Sulut Lewat ‘Si MIKO Aman’

PECIHITAM.ORG, MANADO – H Anwar Abubakar, saat menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Utara (Sulut) telah banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam menjaga kerukunan amat beragama di Bumi Nyiur Melambai itu. 

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Seperti diketahui, Sulut merupakan daerah multikultural dan multidimensi sehingga kerukunan antarumat beragama bersifat sangat dinamis dan menantang. 

Betapa tidak, di satu sisi, tingkat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Provinsi Sulawesi Utara terbilang tinggi, tetapi di sisi lain, tantangan untuk menjaga dan merawat kerukunan tersebut memerlukan langkah-langkah strategis dan antisipatif serta partisipasi aktif dari berbagai pihak.

Olehnya perlu ada langkah-langkah strategis yang harus diambil untuk mencegah, menangani dan memulihkan keadaan jika terjadi gangguan kerukunan di Provinsi Sulawesi Utara. Dengan begitu, peneliti Anwar Abubakar menawarkan formulasi mitigasi konflik melalui “Si Miko Aman”.

Baca Juga:  Video Habib Jindan: Tidak Ada Do'a yang Tidak Dikabulkan

Kedua, dalam survei yang dilakukan oleh peneliti, mayoritas responden lebih memilih dan percaya kepada BKASUA untuk menyelesaikan masalah gangguan kerukunan antarumat beragama di Sulawesi Utara.

Ketiga, dalam survei yang sama, mayoritas responden setuju agar BKSAUA diperkuat eksistensinya dan dioptimalkan perannya sebagai pusat penanganan krisis (Crisis Center) jika terjadi gangguan kerukunan di Sulawesi Utara.

Oleh karena itu, peneliti mengangkat BKSAUA sebagai salah satu kearifan lokal masyarakat Sulawesi Utara untuk menjaga dan melestarikan kerukunan di Sulawesi Utara dengan cara memperkuat eksistensi dan optimalisasi peran BKSAUA dengan perangkat MoU tentang Pemeliharaan Kerukunan antara Presidium BKSAUA.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara dan Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang di dalamnya mencakup standar operasional prosedur (SOP) yang akan dilakukan oleh BKSAUA untuk mencegah, menangani dan memulihkan gangguan kerukunan antarumat beragama bersama Stakeholder lain di Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga:  [Video] Gusdur: Tidak Wajib Mendirikan Negara Islam di Indonesia

Dengan demikian, eksistensi BKSAUA sebagai kearifan lokal makin diperkuat, fungsi dan perannya lebih dioptimalkan demi mencegah, menangani dan memulihkan gangguan kerukunan antarumat beragama di Sulawesi Utara. Si MIKO AMAN melalui BKSAUA untuk Sulawesi Utara rukun.

Simak video dukungan proyek perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) ll angkatan XXll tahun 2022 oleh H Anwar Abubakar. Klik link di berikut ini. Jangan lupa like dan subscribe.