Viral Bupati Pasuruan Kenakan Seragam Banser Kawal Ulama Ceramah

Pecihitam.org – Beredar sebuah foto yang menyebutkan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dengan mengenakan seragam Banser mengawal seorang ulama yang sedang ceramah.

Ulama tersebut diketahui adalah Kiai Habib Abu Bakar. Dalam foto itu, nampak di belakang Kiai Habib seorang pria mengenakan seragam Banser yang disebut merupakan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Foto itu viral setelah dibagikan penggunanTwitter dengan nama akun Mohammad Nuruzzaman melalui akun Twitternya pada Selasa, 15 September 2020.

“Yg di belakang namannya gus irsyad yusuf bupati pasuruan dan kasatkorwil Ansor Jatim, berdiri menjaga dan mengawal Habib Abu Bakar Asygaf,” cuit Nuruzzaman di postingan Twitter-nya @noeruzzaman.

Terkait foto viral tersebut, Mantan Kasatkorwil Banser Jawa Timur (Jatim), Komandan Yunianto Wahyudi, membenarkan bahwa sosok yang mengawal Kiai Habib Abu Bakar dalam foto itu merupakan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Baca Juga:  Tangkal Paham Radikalisme, Banser dan AMS Siap Bersinergi

Adapun foto tersebut, kata Yunianto, diabadikan beberapa tahun silam.

Ketika itu bupati yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut memang sudah menjabat sebagai Bupati Pasuruan.

“Ya betul. Saya lupa tahun berapa, tapi saat itu beliau sebagai Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Pasuruan dan sudah jadi Bupati,” kata Yunianto, Selasa, 15 September 2020 seperti dikutip dari tribunnewscom.

“Sekarang tahun 2020 beliau jadi Kasatkorwil Banser Jatim,” lanjutnya.

Hal itu juga dibenarkan Ketua PW GP Ansor Jatim, Syafiq Syauqi saat dikonfirmasi. Ia mengungkapkan bahwa peristiwa dalam foto viral itu berlangsung pada 2017 di Pendapa Pasuruan.

“Acara Hari Santri di Pasuruan,” ujar Syafiq saat dikonfirmasi tribunnewscom, Selasa, 15 September 2020.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Mbah Parlan Tetap Semangat Sebagai Banser Tertua Kotawaringin Barat Wajib Dicontoh

Foto viral yang memperlihatkan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengawal ulama Kiai Habib Abu Bakar tersebut sontak beragam komentar dari warganet.

Banyak di antaranya yang memuji sosok Irsyad Yusuf dalam foto viral itu.

“Hormat bupati… Biasanya duduk dibangku vip ini malah berdiri mengawal kyai,” tulis salah seorang netizen Twitter.

“Subhanallah… Udh jd pejabat masih mau berdiri dibelakang ulama saat memberikan ceramah,” timpal netizen lainnya.