Cegah Penyebaran Virus Corona, Arab Saudi Berlakukan Jam Malam

Pecihitam.org – Dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di Arab Saudi, Raja Salman telah menginstruksikan pemberlakuan jam malam di seluruh negara.

Berdasarkan laporan kantor berita Saudi, jam malam diberlakukan sejak Senin, 23 Maret 2020, dari pukul 7 petang hingga 6 pagi selama 21 hari ke depan.

Menurut laporan WAS seperti dikutip dari Liputan Islam, Senin, 23 Maret 2020, Kemendagri Saudi akan mengerahkan segala upaya agar aturan ini dijalankan.

Selain itu, pihak-pihak sipil dan militer juga diharapkan bekerjasama dengan kemendagri dalam hal ini.

Namun, para pegawai di sektor-sektor vital dikecualikan dari aturan ini sektor-sektor seperti keamanan, militer, media, kesehatan, dan layanan umum.

Kemendagri Saudi juga disebut akan mengeluarkan statemen terpisah terkait sektor-sektor tersebut.

Baca Juga:  Arab Saudi Apresiasi Indonesia Atas Dukungan Pembatasan Haji

Raja Salman dalam instruksinya menyebutkan semua pihak terkait diminta untuk menghimbau warga agar menetap di rumah-rumah mereka. Warga dimiinta tidak keluar rumah kecuali jika ada kebutuhan mendesak.

Sebelumnya, Media-media Saudi menuntut pemberlakuan larangan keluar rumah, walau kecil-kecilan, demi melawan Corona. Aturan ini telah diberlakukan di negara-negara seperti Kuwait, Yordania, dan Irak.

Diketahui, Kemenkes Saudi telah mengumumkan, kerumunan massa dan kontak satu sama lain dalam situasi saat ini sangat berbahaya.

Sejauh ini, sebanyak 119 kasus baru Corona telah dilaporkan di Saudi. Hingga kini, jumlah pengidap virus tersebut mencapai 511 orang.