Cek Fakta: Kabar yang Menyebutkan Kiai Said Aqil Beragama Hindu Hoaks!

Said Aqil

Pecihitam.org – Belum lama ini sebuah unggahan akun Facebook bernama Andri Rockers yang menyebut Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj beragama Hindu heboh di media sosial.

Unggahan tersebut diunggah Andri Rockers pada Rabu 1 Januari 2020 di grup Facebook (PSPS) Pendukung Setia Prabowo Sandi.

Dalam unggahannya, Andri Rockers juga melampirkan foto Ketum PBNU Said Aqil.

“Dapat info dari kawan asal kota Bali. Kawan Saya bilang, 2 tahun tak jumpa dengan pak I made, kok namanya jadi said Aqil siraj dan suka pake peci. Begitu imbuhnya….Selidik punya Selidik, ternyata SAS mempunyai nama asli. I Made Wiryawan saidi. Beragama Hindu asal pulau lombok yg memiliki saham di kota Bali. Kawan saya merasa terkejut. Bagaimana mungkin seorang beragama HINDU bisa di percaya mengurus NU Bersama gerombolannya si Cornelius, Nuril, Abu janda dan Gus Guntur Di masukkan NU secara Bersama’an oleh Megawati. Rupanya pak I made kawan lama bu megawati di vihara Bali saat hari besar HINDU. Oh sungguh begitu bobroknya rezim ini Dari nama palsu sampai Agama di palsukan seperti junjungannya. Thanks salam dari sobat agen CIA kita dari negara Australia.#Wassallam,” tulis akun Facebook Andri Rockers di narasi unggahannya.

Baca Juga:  Kiai Said: NU Akan Selalu Perjuangkan Nasib Rakyat Kecil

Namun, dilansir dari penelusuran fakta oleh Medcom.id pada Jumat 3 Januari 2020, unggahan akun Andri Rockers tersebut merupakan informasi palsu alias hoaks.

Berdasarkan informasi faktual dari pemberitaan situs resmi NU berjudul  “Mengenal Lebih Dekat KH Said Aqil Siroj”, Said Aqil bukanlah beragama Hindu melainkan Islam.

Kiai Said yang lahir di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat pada Pria kelahiran 3 Juli 1953 didapuk menjadi Ketua Umum (Tanfidziyah) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2020.

Dalam unggahannya, Andri Rockers juga melampirkan foto yang berasal dari laman rumahkitab.com dalam artikel yang berjudul “Kiyai Said Serukan Akhiri Perkawinan Anak” yang terbit pada 22 Januari 2019.

Baca Juga:  Antisipasi Paham Radikalisme, Lingkar Muda NU Luwu Utara Gelar Dialog Kebangsaan

Naskah dalam artikel tersebut sama sekali tidak menyebutkan bahwa Said Aqil beragama Hindu. Artikel itu memuat pendapat Said Aqil tentang perkawinan di bawah umur.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa unggahan Akun Facebook Andri Rockers yang menyebut KH Said Aqil beragama Hindu adalah informasi palsu alias hoaks dan masuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan).

Sebab faktanya, Kiai Said lahir di lingkungan pesantren dan salah satu pemuka agama Islam di Indonesia dan saat ini memegang jabatan ketua umum di organisasi keagamaan Islam terbesar di Indonesia, PBNU.