Inilah 8 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Wajib Kamu Ketahui

keutamaan bulan dzulhijjah 2020

Pecihitam.org Sebagai umat Islam, tentu sudah menjadi kewajiban untuk mengenal bulan bulan apa saja yang diterapkan dalam kalender Islam (Bulan Hijriyah). Dan khusus bulan ini, kita diperkenalkan dengan bulan Dzulhijjah yang sering kali disebut sebagai ‘Bulan Haram’, dalam artian bulan yang mana terdapat larangan berperang pada masa silam.

Selain itu, ada beberapa keutamaan bulan dzulhijjah sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah saw., dalam sabdanya. Sehingga untuk meraih keutamaannya, kita sebisa mungkin untuk melakukan berbagai macam amalan di bulan Dzulhijjah demi menjadi Umat yang lebih baik lagi.

Untuk itu, berikut adalah keutamaan bulan dzulhijjah yang perlu kita ketahui:

1. Bulan dimana disempurnakannya Agama Islam

Sebagaimana yang diceritakan oleh ‘Umar bin al-Khaththab ra., bahwa seorang Yahudi berkata kepada beliau, “Wahai Amirul Mu’minin, ada satu ayat di dalam kitab kalian yang kalian membacanya, sekiranya ayat tersebut turun pada Yahudi niscaya akan kami jadikan hari ‘id (perayaan) kami.”

‘Umar bertanya, “Ayat yang manakah?”

Yahudi itu berkata, “yaitu ayat yang berbunyi, ‘Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kalian agama kalian dan aku cukupkan nikmat-Ku kepada kalian serta Aku Ridhai Islam sebagai agama kalian.’

Mendengar hal itu, lantas ‘Umar ra., berkata, “kami telah mengetahui hari dan tempat diturunkannya ayat ini kepada Nabi saw., dan beliau saat itu sedang berdiri (berkhutbah) di ‘Arafah pada hari Jum’at”

Dan hari Arafah yang dimaksud adalah pada bulan Dzulhijjah.

Baca Juga:  Akhlak Islami Dalam Bertetangga

2. Bulan yang di dalamnya terdapat hari yang paling agung

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari ‘Abdullah bin Qarth Rasulullah saw., beliau berkata : “Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah Tabaraka wa Ta’ala adalah hari an-Nahar (Idul ‘Adha) dan hari al-Qurr (sehari setelah ‘Idul Adha, tanggal 11 DzulHijjah).”

3. Bulan dimana ibadah sepuluh hari lebih mulia daripada jihad

Ketika sebagian umat islam berlomba lomba berjihad yang selain karena mendapat ridha Allah juga karena dinilai pahalanya jauh lebih besar, maka sepatutnya kita mengenali sepuluh hari ibadah di bulan Dzulhijjah yang rupanya lebih mulia ketimbang dengan Jihad itu, dan inilah keutamaan bulan dzulhijjah yang sepertinya patut untuk kita perhatikan.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari dari Ibnu ‘Abbas ra., beliau berkata bahwa Rasulullah saw., bersabda :

“Tidak ada hari-hari untuk beramal shalih di dalamnya yang lebih dicintai oleh Allah melebihi daripada sepuluh hari ini.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, tidak pula jihad fi sabilillah?”. Rasulullah saw.,  menjawab, “Tidak pula jihad fi sabilillah. Kecuali seorang lelaki yang keluar jiwa dan hartanya (untuk berperang), dan ia tidak kembali membawa sesuatu apapun.” (HR Bukhari).

Pada hadits diatas diutamakan sepuluh hari pada awal bulan Dzulhijjah, yang mana kita bisa mengisinya dengan tilawah, sedekah, Shalat malam, dan lainnya.

Baca Juga:  Qanaah: Merasa Cukup dengan yang Ada, Mensyukuri yang Masih Ada

4. Bulan diampuninya dosa selama kita ikut melaksanakan puasa Arafah

Sudah tidak asing lagi perihal puasa Arafah di bulan Dzulhijjah, dan rupanya puasa tesebut bukanlah sembarang puasa, karena dengan menjalankannya akan diberikan ampunan dosa bagi di pelaku. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abi Qatadah ra., bahwasanya Rasulullah saw., bersabda

“Puasa Arafah, saya mengharapkan kepada Allah agar mengampuni dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya…

5. Bulan yang di dalamnya terdapat hari ’Idul Adha dan hari Tasyrik yang merupakan hari makan dan minum.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra., beliau berkata : Rasulullah saw., bersabda : “Hari ‘Arafah, hari an-Nahr (‘Idul Adha) dan hari tasyrik, merupakan ‘Id (perayaan) kami ummat Islam, yaitu hari makan dan minum.”

6. Bulan dimana Allah lebih banyak menyelamatkan hamba-Nya dari Siksa Neraka

Dari ‘Aisyah ra., beliau berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah saw., bersabda

 “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan hamba dari neraka selain pada hari ‘Arafah.”

7. Bulan yang di dalamnya terdapat hari haji besar

Baca Juga:  Belajar Mengenal Tuhan dari Nabi Ibrahim Sang Bapak Agama

Hal ini berangkat dari hadits riwayat Imam Bukhari, dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra., bahwa Rasulullah saw., berwukuf pada hari an-Nahar (hari penyembelihan/Idul Adha) di antara tempat melempar jumrah (baru kerikil) pada saat itu, beliau sedang berhaji, kemudian beliau berkata : “Hari apa sekarang?” Para sahabat menjawab, “hari an-Nahar”. Lantas Nabî bersabda : “Hari ini adalah hari haji besar.”

8. Bulan yang Jauh dari Kekurangan

Hal ini berangkat dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, Dari Abî Bakrah ra., bahwasanya Rasulullah saw., bersabda “Dua bulan yang tidak memiliki kekurangan, adalah bulan ‘id Ramadhan dan Dzulhijjah.”

Itulah sekilas tentang 8 keutamaan bulan Dzulhijjah, semoga bebrmanfaat!

Rosmawati
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG