Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doa Naik Kendaraan

Pecihitam.org – Dalam agama Islam diajarkan doa-doa pada saat melaksanakan kegiatan atau beraktifitas sehari-hari, dari bangun tidur hingga tidur lagi. Selain itu diajarkan pula doa ketika akan bepergian, doa naik kendaraan, baik kendaraan darat, laut, maupun udara yang baik untuk dibaca dan diamalkan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Islam adalah agama yang paling sempurna, tidak hanya sekedar mengatur dalam urusan ibadah saja namun segala detail kehidupan manusia ada aturannya. Bahkan sampai dengan urusan yang sepele pun agama Islam mengatur itu semua dengan syariatnya.

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan kepada umatnya ketika akan bepergian untuk membaca doa naik kendaraan. Doa tersebut dibaca ketika kita ingin menaiki atau mengendarai kendaran baik sendiri maupun naik kendaraan umum.

Manfaat dari membaca doa tersebut adalah agar kita pada saat bepergian naik kendaraan terhindar dari musibah dan marabahaya yang akan menimpa. Selain itu juga supaya kita di lindungi oleh Allah Swt, saat berkendara sehingga kita bisa sampai di tujuan atau pun kembali dengan selamat dan sehat wal afiat.

Daftar Pembahasan:

Bentuk Rasa Syukur

Kendaraan adalah peralatan transportasi untuk mempermudah urusan manusia. Dari zaman dahulu, manusia sudah sangat familiar dengan transportasi atau kendaraan, hanya saja jika dulu lebih tradisional, kini bentuknya sudah semakin canggih dan modern.

Jika dulu kendaraan bisa memanfaatkan hewan seperti kuda, unta, sapi, kerbau, kedelai dan lainnya, kini sudah berkembang teknologi buatan seperti mobil, bus, pesawat, kapal laut, kereta api, dan masih banyak lagi lainnya.

Hadirnya kendaraan yang semakin modern dan canggih guna memudahkan setiaap aktifitas manusia tersebut tentunya harus disyukuri. Karena semua itu tentunya bentuk dari rahmat dan kasih sayang Allah Swt. Kalaupun saat ini belum memilikinya, tidak perlu merasa rendah diri karena kita masih bisa berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan umum dan alternatif lain untuk bepergian.

Baca Juga:  Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Serta Adab-adabnya

Adapun kendaraan yang ada saat ini dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan jalur yang dilaluinya, yaitu kendaraan darat, laut, dan udara. Ketika menaiki kendaraan, siapapun pasti berharap keselamatan dan tidak menginginkan hal buruk terjadi.

Untuk itu, sudah selayaknya kita meminta perlindungan dari Allah sebelum naik kendaraan tersebut supaya dalam perjalanan senantiasa diberi kelancaran, kemudahan, dan keselamatan atas kemudahan fasilitas transportasi tersebut.

Selain berdoa, langkah selanjutnya yaitu jangan lupa pula ikhtiar untuk keselamatan, seperti menggunakan helm bagi pengendara kendaraan roda dua dan sabuk pengaman bagi pengendara kendaraan mobil maupun pesawat.

Bacaan Doa Bepergian dan Naik Kendaraan

Berikut adalah beberapa macam doa yang dapat kita baca ketika hendak keluar rumah, bepergian, naik kendaraan, ketika sampai tujuan dan doa pulang dari bepergian.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه
Bismillaahi Tawakkaltu A’allaahi Wa Laa Haula Wa Laa Quwwaata Illaa Billaah

Artinya :“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

Doa Bepergian Naik Kendaraan Darat

Doa ini dapat dibaca ketika mengendarai kendaraan darat seperti sepeda motor, mobil, kereta api dll.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya : “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. “

Selain itu doa naik kendaraan diatas dapat dibaca pula dengan versi yang lebih panjang seperti berikut ini:

اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Baca Juga:  Doa Agar Bisa Diterima Jadi PNS, Amalkan Biar Lulus!

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (kendaraan) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.

Doa Naik Kendaraan Laut / Udara

Doa ketika naik kendaraan laut dan kendaraan udara seperti pesawat terbang.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ
Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa khusus naik kapal diatas merupakan doa yang di panjatkan Nabi Nuh pada saat beliau mengendarai Bahtera mengarungi banjir dahsyat. Doa ini kemudian diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Doa Ketika Sampai Tujuan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ
Alhamdulillahilladzi Sallamani Walladzi Awaanii Walladzi Jama’assamla Bii

Baca Juga:  Doa Ziarah Kubur Yang Lengkap dan Mudah di Hafal

Artinya : “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Doa Pulang dari Perjalanan

آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ
Aabiyuuna taaibuun aabiduun lirabbinaa haamiduun

Artinya: “Kami kembali sebagai seorang hamba yang bertaubat, juga sebagai seorang hamba yang senantiasa memuji Tuhannya.”

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Sejatinya tidak ada pertolongan kecuali oleh Allah, itulah mengapa membaca doa naik kendaraan seperti di atas adalah salah satu anjuran yang harus dilakukan ketika hendak bepergian. Apalagi, di zaman sekarang yang aktivitas manusia begitu padat dan hampir tidak lepas dari yang namannya Transportasi.

Tidak hanya mereka yang ada di perkotaan namun juga di desa pun sama saja. Bahkan, jumlah pengguna kendaraan dari tahun ke tahun memiliki trend yang selalu naik. Maka penting sekali kita menghafal doa ini. Jika telah hafal maka bagaimana kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, memahami artinya dan juga untuk meresapi maknanya.

Adapun, barangsiapa yang membacanya, akan mendapatkan keutamaan yaitu mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah SWT. Selain itu, agar supaya aktifitas keseharian kita mendapatkan ridho dari Allah dan menjadikannya keberkahan.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik