Begini Cara Menggunakan Fitur Google Assistant untuk Sarana Silaturahim

Fitur Google Assintant untuk Sarana Silaturahim

Pecihitam.org – Jika pada artikel sebelumnya kita bisa memanfaatkan Fitur dari Gooogle Assintant sebagai sarana mencari berita dan artikel Keislaman. Kali ini dengan aplikasi yang sama ternyata kita juga bisa bersilaturahim kepada orang lain. Seperti apa caranya, simak ulasan berikut!

Sebagian besar dari kita pastinya sudah punya WhatsApp, aplikasi pesan lintas platform milik Facebook yang memungkinkan kita bertukar pesan. Nah, baru-baru ini Google telah menambah dukungan WhatsApp (WA) untuk Assistant Virtulanya sehingga pengguna bisa mengirim pesan WA cukup dengan perintah suara dari Assintant Google.

Melansir dari tekno Kompas, adapun jenis pesan yang dapat dikirim melalui google assistant bisa berupa teks, suara, atau video. Sebelumnya, kemampuan untuk melakukan pengiriman pesan suara dan video melalui Google Assistant hanya mendukung aplikasi bawaan seperti Hangouts dan Google Duo. Mengenai dukungan terhadap WhatsApp akan digulirkan secara bertahap.

Nah dengan dukungan fitur baru dari google ini, kita bisa memanfaatkan sebagai sarana silaturahim kepada orang tua, sanak saudara maupun teman yang jauh. Untuk menggunakan fitur ini, sebelum meminta Google Assistant untuk mengirim pesan WhatsApp, pastikan nomor yang dituju sudah tersimpan di daftar kontak dan memiliki akun WhatsApp.

Baca Juga:  4 Kegunaan Google Assistant untuk Sarana Ibadah

Jika tidak memenuhi dua syarat tersebut, maka Google Assistant tidak dapat memroses pengiriman pesan WhatsApp. Setelah dua syarat di atas terpenuhi, maka pengguna dapat mengirim pesan WhatsApp dengan menggunakan pesan suara atau perintah melalui Google Assistant.

Berikut cara kirim pesan WA melalui Google Assistant: Pertama, jalankan Google Assistant dengan menekan dan tahan tombol Home kemudian usapkan keatas. Bagi yang menggunakan Android One atau platform Android stock lainnya cukup katakan “Helo Google”.

Setelah google assintant terbuka dan menjawab, “Hai ada yang bisa saya bantu? Segera perintahkan untuk mengirim pesan WA dengan format “kirim WhatsApp + (nama kontak yang dituju)” Kemudian Google Assistant akan menanyakan isi pesan yang akan dikirim. Katakan isi pesan tersebut melalui perintah suara, misalnya “Hai, Assalamualaikum, bagaimana kabarnya?”

Baca Juga:  Mencoba Fitur Your News Update Google Assistant untuk Mencari Berita Islami

Google Assistant kemudian akan mengonfirmasi dengan membacakan isi pesan dan menanyakan pengguna apakah akan mengirim pesan tersebut atau tidak. Katakan “ubah” jika ingin mengubah pesan atau katakan “kirim” jika ingin mengirim pesan. Maka Google Assistant akan mengirimkan pesan WhatsApp ke kontak yang diinginkan.

Adapun cara di atas dilakukan dengan menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia di Google Assistant. Meski demikian, jika ingin mengirim pesan video atau suara, sepertinya harus menggunakan setting Bahasa Inggris di Google Assistant, karena saat team pecihitam.org mencoba dengan pengaturan Bahasa Indonesia masih belum bisa dilakukan.
Jika ingin mengirimkan pesan video atau suara, pengguna cukup ucapkan perintah “Hey Google, WhatsApp video + (sebut nama kontak).” Perintah selanjutnya sama seperti pesan teks di atas.

Baca Juga:  Pasarijo, Marketplace Terbaru Persembahan IMNU. Beda!

Nah, keren kan! Teknologi benar-benar semakin maju, bahkan yang jauh pun kini bisa terasa dekat. Karena dengan bantuan tekonologi yang modern kita dapat bersilaturahmi dengan orang-orang yang jauh dari kita atau mungkin juga jarang ketemu. Inilah salah satu nikmat yang Allah berikan kepada umat manusia, yang tentunya kita wajib bersyukur kepada-Nya. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG