Mencoba Fitur Your News Update Google Assistant untuk Mencari Berita Islami

Mencoba Fitur Your News Update Asisten Google untuk Mencari Berita Islami

Pecihitam.org – Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu apa itu Google Assistant. Yup.. Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat smartphone. Ibarat berbicara dengan manusia sungguhan, Google Assistant ini dapat terlibat dalam percakapan dua arah. Keren kan.

Nah, kalau yang ini sepertinya banyak yang belum tahu. Google Assistant punya fitur baru yang memungkinkan asisten virtual ini mampu membacakan berita ke pengguna. Fitur bernama Your News Update ini bikin asisten digital Google dapat membacakan berita melalui suara seperti pembaca berita di radio atau TV.

Ini berarti, pengguna dapat terus melanjutkan aktivitasnya sambil mendengarkan berita, seperti saat berolahraga atau ketika berada di kendaraan umum. Dikutip dari Google Blog, fitur Your News Update pertama kali diluncurkan pada 19 November 2019 untuk pengguna di wilayah AS.

Untuk menjalankan fitur ini, pengguna hanya perlu mengaktifkan opsi News Playlist Format di menu setelan Google Assistant yang terletak di tab News. Google Assistant kemudian akan menampilkan beberapa publisher yang bekerja sama dengan Google.

Baca Juga:  Aplikasi Syariaid, Mudahkan Umat Cari Ustadz yang Ramah dan Toleran

Pengguna bisa memilih dari mana saja sumber berita yang ingin dibacakan nanti, caranya cukup mudah yaitu dengan ketuk situs web berita yang diinginkan tersebut. Untuk mendengarkan berita, pengguna cukup berucap “Hey Google, play me the news” dan Google Assistant akan membacakan berita dari sumber publisher terpilih. Mudah kan?

Namun, fitur Your News Update hingga saat ini masih terbatas pada beberapa publisher saja. Google rencananya akan memperluas fitur tersebut pada 2020 ini. Jadi tinggal tunggu saja updatenya. Adapun, pengguna tetap bisa dengan mudah memberi perintah kepada asisten virtual ini melalui perintah suara maupun teks.

Mengutip dari Antara 20 November 2019, Menurut Nimesh Ranjan dari Google Assistant Program & NBU Lead mengatakan, “Terdapat beberapa pembaruan di Assistant, yang mengedepankan konsep helpful, safe, dan bisa digunakan oleh semua orang, bahkan tanpa koneksi internet,” kata Ranjan.

Baca Juga:  Penting untuk Muslim! Cara Menemukan Masjid Terdekat Saat Bepergian

Pada poin helpful, Ranjan mengatakan bahwa saat ini Google telah memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia, bahkan juga menambahkan bahasa sehari-hari yang lebih santai. Lebih lanjut, pengguna juga bisa meminta bantuan Assistant untuk memudahkan pekerjaan mereka melalui berbagai aplikasi dan merek lokal Indonesia seperti ojek online, Bank, dan lainnya.

Untuk poin keamanan, pengguna juga bisa menjaga privasinya seperti menghapus history Google Assistant, hanya dengan memberikan perintah sederhana. Lebih jauh lagi saat ini Assistant bisa dijangkau oleh pengguna yang tidak memiliki akses internet, bahkan ponsel pintar.

Nah, dengan kecanggihan Asisten Google ini, kita sebagai umat Muslim juga bisa memanfaatkan untuk hal-hal kebaikan. Salah satunya untuk mencari berita maupun artikel-artikel tentang keislaman.

Biar nggak penasaran bisa langsung dicoba. Cara juga cukup mudah, tinggal tekan dan tahan tombol home di layar ponsel dan usapkan ke atas, maka Google Assintant akan terbuka. Atau bisa juga dengan klik langsung pada aplikasinya maka Assistant pun akan menyapa Anda, “Halo, ada yang bisa saya bantu?”

Baca Juga:  Pasarijo, Marketplace Terbaru Persembahan IMNU. Beda!

Setelah itu Anda bisa mencari berita dan artikel Islami cukup dengan mengucapkan “Buka situs Pecihitam.org”. Maka dengan sekejap Google Assintant akan membawa Anda pada situs Keislaman yang diinginkan. Mudah kan. Jadi jangan lupa dicoba ya!

Terakhir yang tak kalah penting, gunakan selalu kemajuan teknologi untuk hal-hal yang positif. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG