4 Kegunaan Google Assistant untuk Sarana Ibadah

Google Assintant untuk Sarana Ibadah

Pecihitam.org – Dengan berkembangnya teknologi terutama smartphone, manusia semakin disajikan dengan kemudahan dalam segala hal termasuk tersedianya infomasi yang cepat.

Salah satu teknologi yang sudah mulai banyak digunakan adalah Google Assistant. Namun, tahukah anda jika fitur dari google ini ternyata dampaknya juga sangat bersar termasuk bisa untuk sarana beribadah. Mau tahu? Simak ulasan berikut!

Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Keunggulan Google dengan fitur Google Assistant ini hampir menyamai teknologi Siri pada produk Apple.

Anda juga bisa mengkoneksikan TV pintar di rumah untuk terhubung dengan Google Assistant. Ketika sudah terhubung biasanya TV akan merespon ketika Anda mengatakan OK atau Hai Goggle. Seketika Google akan menjalankan perintah Anda untuk memulai pekerjaannya.

Anda bisa memanfaatkan fitur Google ini dengan cara yang sederhana. Beberapa pengaturan di smartphone banyak yang sudah diatur otomatis untuk terhubung dengan Asisten Google. Untuk memunculkan perintah Google ketika akan memberikan perintah yang pertama adalah menekan tombol home.

Baca Juga:  KH Mu'tashim Billah: Aplikasi KESAN Bermanfaat Bagi Santri

Ketika Anda menekan tombol ini lebih lama maka akan muncul Google Assistant pada layar. Anda hanya perlu menyebutkan keperluan Anda ketika fitur sudah mulai terbuka. Jika sudah dipastikan terhubung, Anda sudah bisa mulai mencoba cara baru dalam beribadah.

Lantas ibadah apa saja yang dapat dilakukan dengan Google Voice Assistant?

1. Membuka aplikasi untuk beribadah

Saat ini terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk beribadah bagi umat Muslim di dunia. Anda tidak perlu membuka menu pada telepon atau mencari aplikasi tersebut yang memakan waktu.

Cukup buka Google Assistant dan sebut aplikasi yang ingin Anda buka. Kemudian Anda akan langsung diantarkan masuk. Melalui cara ini aktivitas beribadah akan jauh lebih mudah dan efisien.

2. Mendengarkan surah atau Al-Quran melalui Youtube

Kemudahan fitur yang diberikan oleh Google kepada penggunanya ini sangat bermanfaat. Terutama bagi siapapun yang ingin merasakan kemudahan beribadah di era digital.

Baca Juga:  Begini Cara Menggunakan Fitur Google Assistant untuk Sarana Silaturahim

Anda hanya perlu mengatakan “Hai Google putar (surah yang anda inginkan atau ayat Al-Quran yang ingin di dengarkan) di YouTube.” Setelah mengucapkan kalimat tersebut Anda akan langsung masuk ke YouTube dan di putarkan surah serta ayat yang di inginkan.

3. Mencari sumber keagamaan melalui Google

Google Voice Assistant juga bisa Anda gunakan untuk mencari konten-konten keagamaan yang mencerahkan dan ramah tentunya. Contohnya, Anda hanya perlu mengucapkan “Hai Google buka laman pecihitam.org.” Seketika Anda akan diantarkan ke halaman Google dengan hasil pencarian.

4. Memasang alarm untuk beribadah

Terkadang Anda terlalu berlarut dalam beraktivitas sehingga lupa untuk menyisihkan waktu beribadah. Saat ini semua kelalaian untuk beribadah bisa diatasi dengan Google Assistant.

Anda bisa memasang alarm untuk melakukan kegiatan beribadah seperti sholat, mengaji, dan berdzikir melalui fitur Google ini. Memberikan kemudahan bagi siapapun untuk tetap konsisten dalam melakukan ibadah.

Baca Juga:  Mencoba Fitur Your News Update Google Assistant untuk Mencari Berita Islami

Cara yang harus dilakukan untuk memasang alarm cukup mudah. Anda cukup mengatakan “Hai Google set alarm untuk shalat malam jam 2.” Setelah mengucapkan kalimat tersebut alarm akan langsung terpasang dengan otomatis. Mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir untuk terlupa dalam menunaikan ibadah.

Dengan ini umat Muslim bisa menunjukkan bahwa perkembangan zaman bukan halangan untuk tetap menguatkan iman dalam beribadah. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas keagamaan seperti mengaji, mendengarkan surah dan Al-Quran, hingga membuat waktu pengingat untuk beribadah. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG