Gegara Sanksi AS, Iran Tak Bisa Beli Alat Medis Virus Corona

Pecihitam.org – Iran adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak dapat membeli obat-obatan dan peralatan medis dari pasar global karena sanksi kejam dan tidak manusiawi Amerika, yang menghambat perjuangan melawan wabah coronavirus.

Hal itu diungkapkan Duta Besar Tehran untuk Madrid Hassan Qashqavi membuat pernyataan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Spanyol La Razon pada hari Rabu.

Lebih lanjut, Hassan mengatakan bahwa setiap transaksi perbankan memerlukan izin dari OFAC, yang menghalangi perusahaan asing untuk terlibat dalam transaksi dan perdagangan dengan negara-negara dalam daftar sanksi AS.

Pejabat Iran menggambarkan larangan itu sebagai kekejaman langsung dan pelanggaran serius terhadap prinsip-prinsip kemanusiaan oleh kekuatan intimidasi dan unilateralis.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Habib Novel Alaydrus Dapat Silver Play Button YouTube

“Amerika telah mengambil keuntungan dari wabah coronavirus untuk membuat kampanye tekanan maksimum terhadap Iran lebih efektif,” kata Hassan, dikutip dari Arrahmahnews, Jumat, 20 Maret 2020.

“Dengan menggunakan berita tidak berdasar dan palsu serta menyebarkan desas-desus melalui kerajaan media, Amerika bekerja keras untuk mengalihkan opini publik dunia dari tindakan tidak manusiawi mereka,” ujarnya.