Gus Yaqut Minta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Waspadai Radikalisme di Kampus Negeri

Pecihitam.org – Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda atau GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim fokus menekan radikalisme di kampus negeri.

“Mas Menteri Nadiem saya pikir harus mulai memetakan potensi gerakan radikalisme yang ada di kampus, terutama di universitas negeri yang secara birokrasi langsung di bawah beliau,” kata Yaqut dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Dikutip dari media Tempo, Sabtu, 14 Desember 2019.

Menurut Yaqut, persoalan radikalisme yang berkembang di kampus sudah ada di depan mata. Peringatan potensi gerakan radikalisme di kampus, kata dia, sudah diungkapkan jauh-jauh hari oleh sejumlah lembaga seperti Alvara Research hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Ini merupakan pekerjaan besar bagi Mendikbud agar jalan ideologi sejumlah kampus negeri tegak lurus dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Potensi radikalisme ini mengemuka kurang lebih dalam 2-3 tahun terakhir,” katanya.

Survei Alvara Research menyebutkan sejumlah kampus universitas negeri terkemuka terpapar radikalisme yang dibawa kelompok-kelompok keagamaan eksklusif.

Baca Juga:  Rapat Bersama DPR, Menag Fachrul Razi Diminta Belajar Agama
Adi Riyadi